Bayu Hebat™

April 14, 2008

Training EDAN

Filed under: Event — Bayu Tabusalla @ 12:56 pm
Tags: , , , , , , ,

 

Hari Sabtu tanggal 12 April 2008 kemarin saya mengikuti training EDAN dengan pemateri Pak Ikhwan Sopa. Gak nyangka saya ketemu pematerinya setengah gila, saya ikut seminar ini karena liat diblognya tingkat kepuasannya tinggi sekali (rata2 100%). Tapi gak nyangka aja kalo pematerinya GONDRONG (padahal diwebnya botak).

Trainingnya luarbiasa bahkan gak nyangka bakalan menuhin impian saya tahun lalu (berbicara di depan banyak orang), yang meleset tanggalnya jadi baru kesampaian tahun ini. Isi training berbicara tentang bagaimana meningkatkan skill komunikasi sehingga berpengaruh terhadap PD (Percaya Dukun Diri)diri anda.

Mumpung masih fresh kita bagi – bagi ilmu (maap om Sopa — piss). Disana bicara tentang bagaimana kepercayaan diri itu datang dan ternyata dateng dari macem hal entah itu jabatan, pangkat, dan kedudukan (lah sama aja?). Tapi yang lebih penting kalo PD itu datengnya dari diri kita sendiri. Jika PD dateng dari bukan selain diri kita misal jabatan maka jika jabatan itu hilang, hilang lah percaya diri kita juga.

Bagaimana meningkatkan kepercayaan diri ini ada banyak hal. Berhubung kita berada dikelas introduksi dimana waktunya hanya sehari dibagikan beberapa hal. Yang saya ingat adalah menaruh kepercayaan kepada orang lain akan meningkatkan PD anda. Ternya saya baru tahu bahwa percaya terhadap orang itu tidak terpengaruh waktu. Maksudnya entah baru atau lamanya seseorang tidak mempengaruhi tingkat kepercayaan orang tersebut terhadap orang lain. Contoh tukang taksi yang tidak kita kenal pasti kita langsung percaya (walaupun bisa jadi tukang taksinya perampok). Ehmmmm kalo dalam kehidupan saya mungkin kaya pertama kali saya ketemu dengan deniar atau aki heri.

Beberapa materi lainnya tetang bagaimana menghadapi rasa takut dalam berbicara serta menghancurkan mitos publik speeking (wah yang ini bakal panjang). Sebagai contoh cara menghancukan rasa takut dalam berbicara adalah tahu bahwa masalah kita juga dialami oleh orang lain. Jika kita mengalami gugup, takut, cemas maka cara paling menyenangkan (menurut saya – Makasih Pak Sopa) adalah tahu bahwa orang lain juga mengalaminya sehingga membuat saya nyaman karena saya punya banyak teman😀.

2 Kalimat yang membuat perubahan adalah “Hadapi dan Kontrol” serta “Saya yang terhebat”. Cara penggunaan kata- kata ini saya rasa anda harus mengikuti trainingnya karena harus melakukan simulasi

Sebuah seminar motivasi yang merubah cara pandang hidup saya dan mebuat satu impian saya menjadi kenyataan

 

6 Comments »

  1. Bukan nggak mau sih ikut2an training kayak gini teh, tapi males aja :))

    Hehehe😀.

    Comment by Donny Reza — April 14, 2008 @ 4:54 pm | Reply

  2. Oalah initoh yang kamu ajakin ke aku waktu itu. Ini udah trainingnya pa baru introduksi bay?

    Dah training den. kelas introduksi kaya ESQ versi mahasiswa. Sayangnya katarsisnya (Versi EDAN) cuman bntar tuh

    Comment by deniar — April 15, 2008 @ 8:54 am | Reply

  3. endi om hasil e bagi2 dunk’s ^_^

    Dateng ae kemarku ada CDnya tuh

    Comment by sibalbal — April 15, 2008 @ 1:39 pm | Reply

  4. woww,,,
    gi mana suasana prend waktu ikut seminar itu ?.. pastinya beda sekali aura nya ya,,🙂 ?
    memang benar prend,, kadangkala rasa PD kita di sertai dengan apa yang kita tonjolkan dn apa yang kita miliki dengan kemampuan kita, ini semua sering saya alami tatkala saya berbicara dengan khalayak umum, kdang minder kadangkala pd abis ,,,

    regard

    Sip sip terimkasih kunjungannya

    Comment by ochim — April 15, 2008 @ 9:10 pm | Reply

  5. hmmm…

    kemaren liat sih baliho nya, dan tertarik tapi sayang, saya sudah terlambat..hehe

    ntw, training kayak gini kalo gak langsung di implementasikan langsung, biasanya gak ngefek…

    so rumusnya adalah…

    training + implementasi = sukses😀

    Wahhh keren tuh kemaren langsung prakteknya. jadi trainingnya sepaket apa prakteknya gak nyangka bisa gaya-gayaan didepan 100++ orang

    Comment by muhammadamrul — April 16, 2008 @ 6:02 am | Reply

  6. tak kirain apaan , sekalinya apaan ?
    jadi malu nich

    Comment by realylife — April 18, 2008 @ 5:43 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

