Bayu Hebat™

May 26, 2008

Ekspresi dan Kata – Kata

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 3:08 pm
Tags: , , , , ,

Ditulis karena adanya chat dengan temen lama Heggy (kita temenan gak ? Kapan kenalan yah? hehe).

Beda gak sich antara ekspresi dan kata – kata? Mikir nich gua rasa ada beberapa tipe didunia ini kalo boleh gua berhipotesa ada yang menggunakan ekspresi dalam berkata – kata ada yang menggunakan kata – kata atau ucapan dalam berbicara. Ehmmmm bingung yah😀

Tipe orang yang menggunakan kata – kata dia gak butuh ekspresi untuk mewujudkan kata – kata tersebut jadi sebuah bayangan imajinasi para pembacanya. Biasanya apa yang ditulis dengan apa yang dia ucapin sangat sesuai. Jadi bagi yang bertipe ini jika dia becanda ataupun marah dalam sebuah tulisan pasti emang kenyataannya seperti itu.

Tipe orang yang kedua adalah yang menggunakan ekspresi dalam berkata – kata.😀 ini menurut gua yang mencerminkan sifatku. Jadi jika dia becanda ataupun marah ataupun menghina (dengan maksud becanda) akan banyak terjadi ambiguitas (beh bahasanya bay). Antara apa yang dituliskan dengan yang dia ucapkan akan berbeda karena dia menggunakan ekspresi (ntah mimik ataupun gesture ataupun intonasi) dalam berkata – kata dan hal ini lah yang dicerna oleh para pendengar (pembaca juga). Jadi kalo orang kaya gini nulis dibutuhkan banyak note untuk menandakan penekanan – penekanan  dalam tulisannya.

Jadi pernah beberapa kali hampir terjadi miskomunikasi hanya karena berupa sms (hehehe). Setelah dikonfirmasi ternyata memang aq salah karena kata – kata yang dituliskan menjadi kurang lengkap dengan ekspresiku. So bagi yang merasa disakiti oleh sebuah tulisan saran saya konfirmasi dahulu kepada orangnya bisa saja tulisannya menjadi kurang karena ekspresinya😀

Ehhmmmmmm mungkin bisa salah bisa bener but at least begitulah yang ku liat. Bagaimana menurut mu?

2 Comments »

  1. kata2 dan ekspresi saling berkaitan kok…>!

    “dengan kata2 kita bisa berekspresi dan kita berekspresi dengan kata2” ngomong apa sich gw….! sorry gw ngelantur🙂

    ehmmmm :berpikir on: boleh juga. lam kenal

    Comment by cinker — May 27, 2008 @ 11:24 am | Reply

  2. Gii nggak ahli…
    Tapi Gii cuma bilang, kata-kata itu bisa ‘mengekspresikan’ sesuatu meski pun ada orang yg bermimik datar..
    Tapi, ekspresi, kadang nggak butuh kata-kata…
    Makanya, belajra berkomunikasi yg baik itu perlu. Kemampuan otak kanan & kiri juga perlu diasah scr seimbang buat mengoptimalkan kemampuan sosialisasi diri yg notabene banyak memerlukan komunikasi dimana perlu Kata-kata Plus Ekspresi YANG TEPAT. Nggak perlu berlebihan.
    Gii sendiri dianggap orng sangat ekspresif. Kadang diemnya Gii bisa dibaca orang. Tapi ternyata, dengan diem, orang hanya bisa menilai. Mereka akan kurang mengerti apa yang dimaksudkan dengan diamnya kita. So… That’s enough ajah deh bwt Bayu…

    Btw…hahaha…masa iyah, gii dimasukin list sumber inspirasi??? APa karena Gii sekarang…??? Bay…jabatan ini mah bentar lagi juga terbang… APalagi…medannya nggak seperti BEM pada umumnya…
    Um..kapan2 qta kayanya kudu ngobrol yah… BUkan diskusi berat aplg Debat, yah… Saya mah orang yg suka berpikir dalam ketenangan, bukan dalam arena perdebatan… PUSiiiiNggg…. Kecuali emang PErlu… Ok???

    Kalo menurutku orang dinilai karena tingkah lakunya bukan dari kata – katanya. diam itu tingkah laku bukan kata – kata (bahasa kerennya kata – kata yang tersebunyi) tapi mungkin beda orang skill nilainya juga beda😀. BTW Tuh kayanya dah bisa jawab kenapa dimasukin ke sumber inspirasi😀

    Comment by Gii — May 28, 2008 @ 7:07 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: