Bayu Hebat™

July 2, 2008

Berbahagialah Hari Ini

Filed under: Others — Bayu Tabusalla @ 12:08 pm
Tags: , , , ,

Dikutip dari milis SMA 1 Bogor angkatan 2004. Ceritanya bagus banget😀

Alkisah ada dua orang anak laki-laki, Bob dan Bib, yang sedang melewati lembah permen lolipop. Di tengah lembah itu terdapat jalan setapak yang beraspal. Di jalan itulah Bob dan Bib berjalan kaki bersama. Uniknya, di kiri-kanan jalan lembah itu terdapat banyak permen lolipop  yang berwarni-warni dengan aneka rasa. Permen-permen yang terlihat seperti berbaris itu seakan menunggu tangan-tangan kecil Bob dan Bib untuk mengambil dan menikmati kelezatan mereka.

Bob sangat kegirangan melihat banyaknya permen lolipop yang bisa diambil. Maka ia pun sibuk mengumpulkan permen-permen tersebut. Ia mempercepat jalannya supaya bisa mengambil permen lolipop lainnya yang terlihat sangat banyak didepannya. Bob mengumpulkan sangat banyak permen lolipop yang ia simpan di dalam tas karungnya. Ia sibuk mengumpulkan permen-permen  tersebut tapi sepertinya permen-permen tersebut tidak pernah habis maka ia memacu langkahnya supaya bisa mengambil semua permen yang dilihatnya.

Tanpa terasa Bob sampai di ujung jalan lembah permen lolipop. Dia melihat gerbang bertuliskan “Selamat Jalan”. Itulah batas akhir lembah permen lolipop. Di ujung jalan, Bob bertemu seorang lelaki penduduk sekitar. Lelaki itu bertanya kepada Bob, “Bagaimana perjalanan kamu di lembah  permen lolipop? Apakah permen-permennya lezat? Apakah kamu mencoba yang rasa jeruk? Itu rasa yang paling disenangi. Atau kamu lebih menyukai rasa mangga? Itu juga sangat lezat.” Bob terdiam mendengar pertanyaan lelaki tadi. Ia merasa sangat lelah dan kehilangan tenaga. Ia telah berjalan sangat cepat dan membawa begitu banyak permen lolipop yang terasa berat di dalam tas karungnya. Tapi ada satu hal yang membuatnya merasa terkejut dan ia pun menjawab pertanyaan lelaki itu, “Permennya saya lupa makan!”

Tak berapa lama kemudian, Bib sampai di ujung jalan lembah permen lolipop. “Hai, Bob! Kamu berjalan cepat sekali. Saya memanggil-manggil kamu tapi kamu sudah sangat jauh di depan saya.” “Kenapa kamu memanggil saya?” tanya Bob. “Saya ingin mengajak kamu duduk dan makan permen anggur bersama. Rasanya lezat sekali. Juga saya menikmati pemandangan lembah, indah sekali!” Bib bercerita panjang lebar kepada Bob. “Lalu tadi ada seorang kakek tua yang sangat kelelahan. Saya temani dia berjalan. Saya beri dia beberapa permen yang ada di tas saya. Kami makan bersama dan dia banyak menceritakan hal-hal yang lucu. Kami tertawa bersama.” Bib menambahkan.

Mendengar cerita Bib, Bob menyadari betapa banyak hal yang telah ia lewatkan dari lembah permen lolipop yang sangat indah. Ia terlalu sibuk mengumpulkan permen-permen itu. Tapi pun ia sampai lupa memakannya dan tidak punya waktu untuk menikmati kelezatannya karena ia begitu sibuk memasukkan semua permen itu ke dalam tas karungnya.

Di akhir perjalanannya di lembah permen lolipop, Bob menyadari suatu hal dan ia bergumam kepada dirinya sendiri, “Perjalanan ini bukan tentang berapa banyak permen yang telah saya kumpulkan. Tapi tentang bagaimana saya menikmatinya dengan berbagi dan berbahagia.” Ia pun berkata dalam hati, “Waktu tidak bisa diputar kembali.” Perjalanan di lembah lolipop sudah berlalu dan Bob pun harus melanjutkan kembali perjalanannya.

Dalam kehidupan kita, banyak hal yang ternyata kita lewati begitu saja. Kita lupa untuk berhenti sejenak dan menikmati kebahagiaan hidup. Kita menjadi Bob di lembah permen lolipop yang sibuk mengumpulkan permen tapi lupa untuk menikmatinya dan menjadi bahagia.

Pernahkan Anda bertanya kapan waktunya untuk merasakan bahagia? Jika saya tanyakan pertanyaan tersebut kepada para klien saya, biasanya mereka menjawab, “Saya akan bahagia nanti… nanti pada waktu saya sudah menikah… nanti pada waktu saya memiliki rumah sendiri… nanti pada saat suami saya lebih mencintai saya… nanti pada saat saya telah meraih semua impian saya… nanti pada saat penghasilan sudah sangat besar… “

Mendasari cerita diatas dapat jadi inget dengan quote dari kung fu panda. “to make something special you just have  to believe it’s special”. Quote dari ayah Po kepada Po. Wah untuk bahagia itu gak sulit cuman harus memelankan hidup dan memperhatikan sekitar saja😀

19 Comments »

  1. Hmm… perasaan bahagia akan muncul jika kita mengingat apa yang kita senangi. Waduw, spesial kan relatif.. Nih aq posting juga yang sejenis.. klik dibawah ini.😀

    Karena karaktermu seperti ini …

    *ke TKP*

    Comment by t4rum4 — July 2, 2008 @ 1:22 pm | Reply

  2. waaa

    bagus ceritanya ^_^

    makasih

    Comment by Petra Barus — July 2, 2008 @ 1:59 pm | Reply

  3. owh begitu…
    wuih inspiratif juga ceritanya…

    *manggut2*

    Comment by wanoja — July 2, 2008 @ 4:00 pm | Reply

  4. good story!

    Yosh

    Comment by senny — July 2, 2008 @ 4:33 pm | Reply

  5. yaa !! setuju sama kata2 ayahnya po ! (yah, dia ngomen gni)

    heuheuheuheuheu😀
    kalo uti bahagianya ntar kalo udah disisiNya.😀

    Speechless. takut salah ngomong

    Comment by ucii — July 2, 2008 @ 8:44 pm | Reply

  6. saya akan bahagia jikalau saya sudah berada diSISINYA….

    Speechless. takut salah ngomong

    Comment by okta sihotang — July 2, 2008 @ 8:57 pm | Reply

  7. quote bapaknya Po kereen…bapaknya yang anehnya angsa tapi anaknya panda huahahahaha…
    kebahagiaan itu… relatif menurut gw.

    yup yup. paams pengurusnya rumah bloger yah?

    Comment by Paams — July 3, 2008 @ 1:26 pm | Reply

  8. mangkanya kalo punya duid jangan dikumpul2 terus, dinikmati dong, contohnya mentraktir gw, hahahaha

    *nyindir diri sendiri

    ayo toer jadi kapan makan2?

    Comment by chatoer — July 3, 2008 @ 2:01 pm | Reply

  9. saya bahagia terus..

    whehehe… “BOHONG BANGETZZZ ya?”

    wah gak tau yang boong sapa😀

    Comment by nengthree — July 3, 2008 @ 2:06 pm | Reply

  10. wah kungfu panda pelem yang bagus dan sarat makna😀

    Comment by emfajar — July 4, 2008 @ 9:19 am | Reply

  11. ceritanya sederhana, tapi sarat makna..
    bagus..🙂

    Comment by Iyank — July 4, 2008 @ 12:58 pm | Reply

  12. Nice story…

    Nb: ayuk lengkapi datanya… saya tunggu bay di http://hakimtea.com/blogpage…🙂

    Comment by hakimtea — July 4, 2008 @ 1:55 pm | Reply

  13. seperti saya yang berbahagia dengan acara kopdar bloggersumut yang ke 2 , mohon doa restunya ya

    Otreh Di tunggu postnya

    Comment by realylife — July 4, 2008 @ 10:26 pm | Reply

  14. mau tahu desain untuk pemenang kontes di blog saya kemarin? Silakan mampir ke blog. Semoga tertarik untuk menungguh hari senin

    Comment by antown — July 4, 2008 @ 11:56 pm | Reply

  15. Nice Story, bro …😉

    Comment by hevi.fauzan — July 5, 2008 @ 7:38 pm | Reply

  16. […] Ajang Curhat ^^ « Berbahagialah Hari Ini […]

    Pingback by Quadtreble Makan - Makan « Bayu Hebat — July 5, 2008 @ 10:21 pm | Reply

  17. izin copas juragan

    Comment by shiddieq — July 10, 2008 @ 1:38 pm | Reply

  18. […] ilustasi menarik terdapat di blog saya. Apa yang ingin disampaikan bahwa kita bisa memiliki impian tapi yang perlu digaris bawahi bahwa […]

    Pingback by Motivasy » Blog Archive » Hidup Lah Hari ini — November 26, 2008 @ 10:17 pm | Reply

  19. thx so much,, inspire🙂

    Comment by restu utami — June 6, 2009 @ 5:18 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: