Bayu Hebat™

July 9, 2008

Opini Saya Tentang MLM (14-07-2008)

Filed under: Berbagi Pikiran,Bisnis dan Investasi — Bayu Tabusalla @ 3:03 pm
Tags: , , , ,

Disclaimer : artikel ini dibuat atas dasar pemikiran sendiri. Jika ada pihak yang tekait yang tidak menyukainya silakan tinggalkan web ini.

anti mlm

Melihat dan merenungin MLM saat ini saya mau membuat beberapa pendapat.

MLM seperti sesuatu yang wajib

Banyak yang join MLM mereka mengagung -agungkan MLM-nya seperti mengolok – olok pekerjaan lain selain MLM. Emang kenapa kalo kita jadi pekerja/pegawai. Emang kenapa dengan membuat bisnis kovensional sendiri. Saya masih bingung dengan MLM. Mereka bilang bisa merubah suatu bangsa menjadi lebih baik. Padahal menurut pendapat saya kalau satu negara join pada MLM yang sama maka negara itu bakalan hancur gimana gak:

  1. Gak ada proses pembentukan bisnis baru yang ada semuanya menjadi pemasar pada satu jenis perusahaan. Padahal hidupnya suatu ekonomi perusahaan itu dari besarnya UKM mereka
  2. Dari mana sebenernya para leader mendapatkan keuntungan. Sebenarnya mereka mendapatkan dari jaringan dibawah mereka. Konsumen dari perusahaan MLM tersebut kebanyakan adalah anggota dari MLM tersebut. Jadi kalo satu bangsa ikoot jadi MLM yang leader join sebelumnya pesta pora sedangkan para dunlinenya sengsara sesengsaranya.

Ada yang bilang MLM itu kaya bisnis franchise

Mirip Franchise dari hongkong. Franchise itu membeli bisnis yang sistemnya udah ada. Mereka gak pernah tuh bikin jaringan yang aneh – aneh. Gak pernah denger tuh (CMIIW) yang namanya Mc D buat dapet keuntungan sekian M harus mengajak orang membuat franchise Mc D. Sama dari mana? kalo franchise dirimu tinggal menyetor uang sistem dibuatin trus tinggal melakukan pengawasan terhadap toko yang di franchisenya. Lah MLM dirimu beli sistem trus ngiikootin tuh sistem trus bangun aset yang berupa jaringan berdasarkan sistemnya. Jelas beda lah bisnis franchise gak ada istilah bangun sistem wong sistemnya disedian trus dibuatin ama yang franchisornya.

MLM bisa membuatmu multi milioner

Apa sich yang bisnis yang gak bisa. Masalahnya kalau liat dari probabilitas termasuk yang mana anda?. MLM tuh membutuhkan orang (dunline) untuk menghasilkan uang. Tapi kalo dipikir sekaya – kayanya yang memasarkan produk udah jelas yang lebih kaya adalah pemilik dari produknya. Kalau pemasarnya multi millioner yah pemiliknya mungkin dah multi trilioner😀 hehehe

MLM dapat ‘mengabulkan’ impian anda

Sepertinya apapun yang anda kerjakan selalu seluruhnya bisa mengabulkan impian anda. Hanya saja cara untuk mendapatkannya yang berbeda. Para MLM-ers selalu bilang untuk percaya pada mimpi mereka. Padahal mereka tidak menyadari bahwa sebenernya entah itu rumah atau pun mobil bukan lah impian mereka. Sebagai imbas ‘membeli sistem’ mereka juga diberikan paket tambahan ‘impian yang bisa dipilih’. Lucunya ini seperti membatasi impian seseorang. Lah kalo mimpinya biar bisa punya restoran gimana? Kan gak ada dipilihan impiannya. Mimpi mereka dibatasi oleh apa yang ‘akan’ (ntah sampe kapan) mereka dapat dari bonus MLMnya

Financial Freedom?

Pengen ketawa nich :)) . Mengagung – agungkan financial freedom tapi gak ngerti sesungguhnya apa. Kalo boleh silakan cek apakah 10 orang terkaya didunia itu pada pensiun? Pensiun muda pensiun kaya?. Kalo anda sudah senang dengan pekerjaan anda hari itulah anda pensiun. Cintai pekerjaan anda maka akan bebas. Jelas kan kalo anda cinta pekerjaan anda pekerjaan itu seperti taman bermain

Akhir kata saya gak bermaksud untuk mejelekan  hanya komentar pribadi😀. Ehmm sudah lah saya lebih senang jadi pengusaha😀

Freedom

Artikel Referensi

Web Referensi

Tips Mencari Fakta MLM di Google

  1. Paling mudah ketik “fakta MLM” telusuri saya lagi beruntung.
  2. gunakan kata “Fakta” sehingga website yang dituju benar menguak fakta
  3. lihat dari 2 sudut pandang yang ‘Pro’ dan ‘Tidak’
  4. Jangan Lihat website resmi karena info perusahaan pasti ‘kecap botol no 1’

Buat Yang Pro MLM (biar punya bahan bantahan — ntah kalo dibatah lagi mah :D)

62 Comments »

  1. Selamat,…
    Situ telah bergabung dengan umat manusiya nyang ingsi tengkorak nya otak….

    ***rambu anti MLM nya pasang da side bar, donk…*** 😉

    Comment by mbelgedez — July 9, 2008 @ 3:31 pm | Reply

  2. Udah saya baca sampe mampus diskusi alot tentang MLM di blognya mbah mbel, singkatnya MLM is financial prison!

    Saya nggak mau dan nggak akan ikut2an MLM. titik.

    Comment by GiE — July 9, 2008 @ 5:39 pm | Reply

  3. SIIPPP… PLOK PLOKK PLOK….
    hibat-hibat. setuju banget bosss…

    Comment by NomerSatu — July 9, 2008 @ 5:46 pm | Reply

  4. pernah liat bannernya😀

    *lirik om mbel*

    Comment by edy — July 9, 2008 @ 6:32 pm | Reply

  5. Hahaha..sama bos. Saya lagi ketagihan baca thread yang di kaskus.

    Comment by Wildan — July 9, 2008 @ 6:32 pm | Reply

  6. ada temen yang ikut MLM dan anehnya dia jadi tajir mampus!

    dan ada temen yang lain berkata : “kalo kita ikutan MLM, harus fokus dan punya mental yang kuat”

    mental yang kuat?? yup! sapa tau tawarannya ditolak, dan saya salah satu yang menolak MLM…

    Comment by RuleZ — July 9, 2008 @ 7:37 pm | Reply

  7. satu pertanyaan dari anak smp seperti sayah : MLM itu apa?

    Comment by Paams — July 9, 2008 @ 7:43 pm | Reply

  8. dah pernah baca yang di surat pembaca kaskus,, emank dah penepu semua yang ada di mlm,, untung gw kaga pernah ikutan dan ga akan pernah ikutan ama yang namanya mlm:mrgreen:

    Comment by emfajar — July 9, 2008 @ 7:55 pm | Reply

  9. menurut saya, itu tergantung dari sudut mana anda memandang.

    Jika fokus di keburukannya, tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang sempurna.

    Jika fokus pada kebaikannya, memang kenyataannya ada.

    Yang gagal memang banyak. tapi sepengetahuan saya, yang sukses banyak juga.

    Lihat dari dalam, pandang dengan pikiran jernih tanpa emosi. alangkah baiknya jika melihat secara objektif dan tidak menggeneralisir.

    Jika menurut anda baik, ambillah. Jika tidak tinggalkanlah. tidak perlu fokus untuk membenci.

    Kenyataan di lapangan, yang benci sering kali berbalik arah.
    😉

    Salam kenal dari kami.🙂

    Comment by F — July 9, 2008 @ 9:50 pm | Reply

  10. @Rulez
    cek dulu slip pendapatannya. kalo cuman terlihat kaya semua orang juga bisa😀

    @Paams
    Diklik aja Link MLMnya😀. istilah lain Masuk Langsung Modiaaayyrrr

    @F
    mohon maaf hanya saja ini logika saya/opini pribadi. kalau ada salah mohon diperbaiki.seperti yang anda bilang kalo baik silakeun ambil kalo buruk tinggalkan web ini😀. terima kasih telah berkomentar dan salam kenal juga

    Comment by BayuHebat — July 9, 2008 @ 9:53 pm | Reply

  11. mlm? ah, buat saya itu sih seperti cocok2an aja, kok😀

    Comment by sitampandarimipaselatan — July 9, 2008 @ 11:11 pm | Reply

  12. hahaha. keren yu komenny untuk si f itu.
    yups, bener banget. mlm sebenarnya secara sosial bukan membuat perekonomian negara kuat, justru makin ancur. slain itu, orang2 yang ikut mlm itu sama aja kaya robot. nggak punya hati. yang dikejar, duit, duit, duit mulu. kalo bumi ini jadi gurun, apa berguna tuh uang. hahaha.
    eh, perboden anti mlm-ny bikin yang lebih bagus. terus kita jadikan banner di blog. hahaha.
    let go anti-mlm…!!!

    Comment by Yudha P Sunandar — July 9, 2008 @ 11:20 pm | Reply

  13. salah satu MLM, ga salah satu deng, hampir semwa temen” yang pernah persentasi MLM ke saya (dan mereka akan sadar bahwa akan jadi hal yang sia” kalo presentasi ke saya), bilang kalo MLM tu sistem yang bagus…. dulu Islam disebarkan secara MLM oleh Nabi Muhammad…

    beeeuuuuh…… penyebaran Agama yang jelas” lillahita’ala kok disangkutpautkan sama bisnis yang jelas” nyari keuntungan bwat perut….

    sampei” kalo ada temen ngajak ketemuan, saya selalu bilang gini…

    “tunggu, tunggu…. ini muw presentasi MLM bukan…??? kalo iya, mending ga usah deh…. kasihan kmu nya bicara sama berbusa, tapi saya ga akan tertarik sama sekali…. sayang waktunya… mending bwat ngajar ngaji anak” jalanan tuh….”

    Comment by Bagus Rully — July 10, 2008 @ 7:28 am | Reply

  14. hai Bayu.
    Komen soal MLM emang pas banget buat saya. Secara sering banget dideketin org2 MLM karena saya emang suka ‘kebawelan’

    Emang sih ngga bisa dipungkiri ya, ada orang2 yang jadi kaya karena MLM. banyak juga dari mereka yang bisa ninggalin kerjaan benerannya dengan menekuni bisnis MLM.

    Tapiii… yang selalu bikin saya sebel sama mereka, adalah cara pandang mereka, bahwa semua orang itu SAMA, dipikirnya semua orang SUKA ngejalanin MLM. Suka ga nyadar bahwa ga SEMUA orang mau jalanin MLM, ya kann? Dan kalo kita ga mau, suka akhirnya kita yang dipandang ‘aneh’ bahkan ‘bodoh’ karena ga mau ikutin bisnis mereka. Yang suka bikin sebel lagi, cara mereka persuasif seolah2 ini penawaran mereka iotu semata2 karena mereka p[eduli sama kita. PAdahal kita juga tau, semua itu ya demi mereka2 juga kan.

    Boleh aja masyarakat MLM ini memandang rendah kerjaan kita yang cuma pegawai, dan kepatok jam kantor setiap hari. Suka ga sadar ya, kalo kita jadi males ketemu mereka karena males ditawar2in beginian. Hehe…

    Mungkin suatu hari NANTI saya bakal join salah satu MLM, tapi yang jelas ga akan MAKSA ah..

    Halah, komen sepanjang ini apa ga mendingan posting aja sekalian ya?

    Comment by pashatama — July 10, 2008 @ 10:49 am | Reply

  15. hihihihi…
    segitunya bay..
    dikejar-kejar ya?😛

    Comment by rani! — July 10, 2008 @ 11:57 am | Reply

  16. hah.. saya ga pernah bisa jalan dengan bisnis MLM ini…😦

    Comment by nengthree — July 10, 2008 @ 2:06 pm | Reply

  17. Walau bukan orang MLM tapi kuakui bahwa

    jadi programmer is suck
    ikut bisnis MLM ada bagusnya juga

    Tapi sampe sekrang masih aja jadi programmer bahwa tau kalo programmer itu suck. Sampai kapan ku harus jadi programmer? Gak pengen juga anakku baru 4 tahun udah belajar coding. Apa gak ada permainan laen kayak layangan, maen kelereng atau permainan Indonesia laennya.

    Anak 4 tahun udah ngeblog dan maniak dengan coding wordpress oh no! aku tak mau anakku seperti itu. Jadi programmer is suck!

    Comment by deniar — July 10, 2008 @ 3:22 pm | Reply

  18. Nambah satu lagi ya Bay,

    gak ada salahnya ikutan MLM sambil belajar hidup. Jadi memang MLM bukan dijadikan tujuan utama, tapi jadi pembelajaran. Boleh juga sepertinya. Biar semakin belajar berinteraksi dengan orang.

    Supaya gak jadi blogger yang setiap hari bergaulnya dengan monitor, keyboard, dan laptop. Ada juga temen2ku pada saat meeting, rapat atau kopdar juga masih bergaul dengan asyiknya sendirian dengan laptopnya. Padalah judulunya adalah ‘ketemuan’ (meeting) tapi di depan diri masing2 laptop, malah tidak memperhatikan orang2 di sekitarnya.

    Comment by deniar — July 10, 2008 @ 3:27 pm | Reply

  19. saya dulu beberapa ikutan MLM lho dari SMA… yah… mungkin emang ga bakat aja jadi ga kaya kaya dan sekarang yang ada jadi skeptis deh kalo ngomongin MLM… tapi saya percaya ko MLM emang salah satu bisnis yang bisa diandalkan… KALO PUNYA BAKAT…

    buat orang yang rada malas sering sering berkonfrontasi dengan orang lain sih mending jangan… *trust me for this one!*

    Comment by natazya — July 10, 2008 @ 3:50 pm | Reply

  20. hidup pekerja Kantoraaaan !!!

    Comment by chatoer — July 10, 2008 @ 3:52 pm | Reply

  21. JAman kuliah tuh banayk yg nawarin MLM ke sayah, dan kebanyakan mereka mahasiswa / alumni salah satu perguruan tinggi negeri teknik terkenal di bandung

    Comment by chatoer — July 10, 2008 @ 3:56 pm | Reply

  22. Bahkan sejak SMA saya merasa kalau MLM bukan bisnis yang ‘sehat’ … setidaknya untuk saya pribadi. Pernah nggak sih para petinggi MLM itu memikirkan, apa yang terjadi dengan orang level paling bawah yang sudah mentok nggak dapat lagi downline? Yang paling kasihan kan mereka sebetulnya, yang paling bawah itu …

    Comment by Donny Reza — July 10, 2008 @ 4:41 pm | Reply

  23. @ All

    Dari yang berkomentar kayangnya belum melihat “pergulatan” di blognya mbelgedez (Ada diatas). Baca dulu, setidaknya bisa lebih berkesimpulan nantinya.😀

    Comment by Mihael "D.B." Ellinsworth — July 10, 2008 @ 5:01 pm | Reply

  24. keren keren

    keren mas

    salam kenal

    Comment by kertaslecek — July 10, 2008 @ 5:06 pm | Reply

  25. Saya termasuk orang yang tidak suka untuk ikut-ikutan MLM, sebuah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Tetapi saya juga tetap mendukung orang-orang yang berkecimpung dalam bisnis MLM, kalau menurut mereka bisnis ini bisa memberikan harapan yang menguntungkan, please … tetapi jangan ajak-ajak saya he he he…
    Sebab ada juga bisnis MLM yang benar-benar bisnis lho …

    Comment by Harjo — July 10, 2008 @ 9:55 pm | Reply

  26. Sampe segitunya… ck, ck, ck,,,,

    Comment by t4rum4 — July 10, 2008 @ 9:56 pm | Reply

  27. @Deniar
    yah orang bisa berubah den dimana aja kalo dia mau. Tapi kalo mau belajar life skill doank saya gak menyarankan MLM den.

    @harjo
    Idem pak. saya cuman kasih opini kalo ada yang mau baca dan berubah syukur, kalo gak itu hak mereka dan saya gak ngelarang

    Comment by BayuHebat — July 11, 2008 @ 8:25 am | Reply

  28. @bagus rully
    Yang bilang Islam disebarkan secara MLM itu guoblok banget. Lha Nabi Muhammad saw sendiri ngelarang pemakelaran dalam pemakelaran tuh.

    Comment by Apple Inc Stakeholder — July 11, 2008 @ 11:03 am | Reply

  29. Waduh…postingan saya nyasar kemari…

    …Semoga aja deh dapat membantu😉

    Comment by Manik — July 11, 2008 @ 11:58 am | Reply

  30. pernah denger kalo gabung di MLM mana gitu bisa liburan via kapal pesiar mewah ke negara2 eropa, wih enaknya ….

    btw : Paling mudah ketik “fakta MLM” telusuri saya lagi beruntung. -> dari dulu gw gak ngerti maksud tombol ‘saya lagi beruntung’ di google itu bedanya apa ya?

    bayuhebat: tombol tu berartu menuju top 1 nya google. coba ketik “tentang mlm” trus telusuri saya lagi beruntung😀

    Comment by Supermance — July 12, 2008 @ 6:37 am | Reply

  31. Sip! saya setuju banget Bay! yang saya ngga suka itu, kalo dibilang ini bakalan “membebaskan” kita dari pekerjaan kita. Lah, kalo kita bener suka n enjoy ama kerjaan kita gimana dong? Saya tau orang2 yang bener2 enjoy sama kerjaan mereka, yang rela kerja overtime tanpa dibayar, dan mereka nampak hepi2 aja. itu yang saya sebut, “kaya”

    Comment by opiq — July 12, 2008 @ 7:28 am | Reply

  32. asri bnrnya nda anti MLM, tp tidak untuk MLM satu itu
    MLM yg sptnya sm kyk yg dsbut supermance, yg T itu bukan?
    soalnya pengalaman buruk ma yg ni trus sih
    klo mw memprospek ga terus terang, mw prospek ttg MLM, bisnis supermarket lah, abcdefghij bla bla bla, dtg2, bayar, baru tw, doenk this is MLM! sial!
    thx for d info, jd tw beda MLM dg franchise *huh, gw musti kasi tw tu tmn yg blg klo sm*
    btw, numpang ambil gambar anti MLMnya ya😀
    makasih

    bayuhebat: wah kalo saya emang dapetnya sumbernya itu doank, yang lain saya lom dapet, tapi postingan ini membahas MLM secara keseluruhan dari pikiran saya

    Comment by asri — July 12, 2008 @ 2:55 pm | Reply

  33. Keren ulasannya.
    Syukurlah bahwa semakin banyak orang yang melek bisnis dan mengetahui seperti apa sebenarnya MLM itu.

    Salam.

    Comment by Emanuel Setio Dewo — July 14, 2008 @ 9:32 am | Reply

  34. Kok saya ga melihat MLM seperti itu ya.
    Saya memang ga bisa ikut pertemuan secara rutin seperti yg diajarkan leader MLM, tetapi saya mencoba sisi positif dalam bisnis MLM yaitu, saya bisa mendapatkan produk berkualitas dari perusahaan MLM dan memasarkan produknya dengan minimal pembelian ( bisa retail ) jadi saya memasarkan produk tsb kepada orang yg membutuhkan ( segmen tertentu ), saya mendapatkan profit dan bila melebihi target masih mendapatkan reward yg lain, ada yg memakai rutin akhirnya milih bergabung karena bisa mendapatkan reward juga. Jadi tidak ada yg merasa rugi biarpun mereka tidak mempunyai Down line, karena mereka dapat manfaat produknya.
    Saya sendiri dengan cara tsb mendapat manfaat dari bisnis MLM dimana ilmu Selling saya meningkat dan sense bisnis juga ikut terasah karena banyak bertemu dengan sesama pebisnis, sama seperti Sales2 itu lho, yg akhirnya malah berani membuka usaha trading sendiri karena sudah punya network.
    Saya rasa ga rugi juga kok ikut MLM, asalkan kita belajar apa yg menjadi sasaran bisnis kedepan kita. MLM hanyalah salah satu Tools untuk mengasah jiwa enterpreuner kita, tapi cukup dengan modal yg kecil dan waktu yg fleksibel.
    Dan sistem di MLM membantu kita setidaknya kita bisa mendapat pasif income karena memang sistem yg bekerja utk itu.
    Memang bukan satu-satunya bisnis. tapi utk suatu bisnis yg bisa bertahan lama, pasti dibutuhkan sistem pendukung agar bisnis tetap berjalan walaupun kita tidak terjun secara langsung disana.

    Bisa dilihat, bisnis keluarga yg belum ada sistemnya paling akan diturunkan kepada anaknya begitu seterusnya,dan hanya dalam 3 generasi, sebagian besar bisnis tsb hilang. Tetapi bisnis yg sudah go publik akhirnya bisa lebih bertahan karena banyak dikontrol oleh pemilik/investor.

    Memang jika anda tidak mantap dgn bisnis MLM ya sebaiknya tidak usah ikut, nanti bisa stress sendiri, karena bisnis ini tidak gampang.
    Kita bisnis mesti enjoy khan..biarpun berat tapi kita enjoy, pasti tidak akan menjadi beban.

    OK, selamat berbisnis!
    kalau mau sharing boleh kontak saya di bisnisliem@gmail.com

    bayuhebat :kalo tulisannya spanjang ini bikin blog ndiri napa?, saya coba jawab. Anda gak liat MLM seperti yang saya lihat karena emang anda gak mau lihat. Saya setuju emang MLM dapat memberikan ilmu dan jiwa entrepreneur seperti yang diucapkan Liem, tapi menurut saya kalo sekedar cuman produk atau ilmu yang seperti itu, cari ditempat lain masih lebih baik dibandingkan ikoot MLM

    Comment by liem — July 14, 2008 @ 4:43 pm | Reply

  35. saya dalam perjalanan menuju ingsyaf (mudah-mudahan)
    sedikit nambahin, buat sy pribadi,
    ada satu yg terlupakan manakala kita join mlm, yaitu: BEBAN MORAL.
    saya tidak bisa tidur nyenyak dapet jutaan karung manakala saya ingat jutaan kepala yang baru join megap-megap cari donlene,… hiks
    tapi saya masih jalanin mlm… bukan nawarin bisnisnya, ngonsumsi produknya aja ,
    dan kalo ada yg mau produknya juga silahkan..
    jangan dimusuhi ya

    mascayo Punya tulisan terakhir aneh bin ajaib pagerank saya bakal naik wush

    Comment by mascayo — July 29, 2008 @ 12:08 am | Reply

  36. Saya bingung… kalo memang MLM sesempurna itu model bisnisnya (semua orang bisa jadi kaya dalam waktu cepat!), kenapa nggak ada perusahaan top dunia yang bikin MLM ya? Atau kenapa gak ada perusahaan MLM yang masuk top 100 perusahaan dunia?

    Catshade Punya tulisan terakhir Homoseks Psikopat dan Heteroseks tak Berotak: Kasus Ryan dan Kekeliruan Berpikir Kita

    bayuhebat : waduh dah gak mungkin masuk perusahaan 100 dunia, perusahaan top 1000 aja saya gak yakin. kalo masih ada yang ragu saya kasih liat hitungannya nanti😀

    Comment by Catshade — July 30, 2008 @ 10:05 pm | Reply

  37. wah ono konco meneh ki.
    good good
    terus menulis mengenai MLM apalagi MLM yang menipu dan nge bullshit gak karuan

    ternyata masih ada orang yang kritis terhadap bisnis MLM

    syukur syukur

    bravo9682 Punya tulisan terakhir : BENTUK BISNIS MONEY GAME TERBARU

    Comment by bravo9682 — August 8, 2008 @ 9:03 pm | Reply

  38. saya trtarik dngan pndapat anda,saya seorang MLMers..,saya bru brusia 17 thn,saya sring ktmu org sprti anda,tp saya mnghargai pndapat org2 sprti anda,krn didunia ini smw manusia itu bnar,klo tdk,ga prlu ad konflik..,tp utk skedar tahu saja,klo anda prnah mndengar mlm dgn sistim breakaway,mka dsitu akan trjadi downline nyalip upline,jgn prnah mngkritik mlm klo anda blm mngetahui smw marketing plan mlm di dunia ini,oke?
    salam hangat..

    Bayu Hebat™ : apakah anda tau semua sistem MLM di dunia? maaf saya gak bahas sistemnya yang saya bahas MLM itu sendiri secara opini pribadi.

    Saya mau nanya selain MLM bisnis macam apa lagi yang anda kenal?

    Comment by Rizki — October 20, 2008 @ 8:42 pm | Reply

  39. ya,MLM di dunia itu sistemnya binary ato pyramid,ga mgkn ga,mgkn jg ada yg sistem sprti di MLM saya,

    bnyak bisnis skrg2 ini,bisnis internet yg saya jg krg2 ngrti,mgkn thn2 ini bisnis yg lg ngehype itu bisnis pulsa dan waralaba bdng ksehatan,sperti gym gt lah..

    Bayu Hebat™ : wah sistem mlm situ saya gak tau. lagi pula saya gak ngomongin sistemnya😀 . bisnis yang lagi ngeHYPE banyak kali kesehatan ama pulsa cuman sedikit salah satunya.

    Comment by Rizki — November 4, 2008 @ 4:55 pm | Reply

  40. ya anda emang ga prlu taw,tp kita lihat saja bisnis sperti apa yg akan nge hype,sbab sya jg sdang bljr mngamati dunia bisnis,pndangan saya ga hnya dr segi MLM,tp sih mnurut pakar ekonomi dunia,memang bisnis ksehatan yg akan booming di dunia,bkn di indonesia,

    lgpl sngat dsayangkan di blog anda hnya memaparkan kjelekan2 MLM sja,tp saya yakin anda pasti sukses jika anda maw bljr dan bljr lg,maw menerima masukan dr hal lain,dan sama skali tdk brpndangan negatif,sbab pndangan negatif hnya mmbuat kita tdk brkmbang,oke?

    sukses bwt anda..!

    Bayu Hebat™ : anda bisa cek ramalan mana yang benar dan hanya omong kosong. saya disini memaparkan sudut pandang saya. Kok bisa – bisa nya anda mengecap saya negatif. Sekarang anda pikir kalau ada tukang tahu dibilang tahunya gak enak apa itu disbut orang yang memberitahunya negatif? sekarang saya memparkan sudut pandang saya kenapa anda gak bsa terima? padahal anda bilang meneri masukan orang lain itu bisa mengembangkan diri anda . Kalau menurut saya sich tergantung masukan seperti apa dulu.

    Comment by Rizki — November 14, 2008 @ 11:06 pm | Reply

  41. setuju 1000 persen ma artikelnya. sharing yuk, juga teman-teman yang lain di blogku…www.antimultilevel.wordpress.com

    Comment by Anti MLM Juga — November 16, 2008 @ 9:20 pm | Reply

  42. lah,kan saya cm blg anda hnya mmandang dr sisi negatif,sya ga blg anda negatif,baca dlu dong..

    yah pkonya smua hal itu ada sisi negatif n positif,trgantung kita suka atau tidak trhadap hal itu,kalau suka ya klihatannya positif2 saja,klau tidak yaa sbaliknya,
    nah saya ga ngrti thu mksd anda ‘mmbri masukan pd org lain itu bljr mngmbangkan dri’,

    yg saya taw dalam mngembangkan diri:

    bisnis MLM itu bisnis manusia,n brarti kita membangun integritas kita,nah bgaimana kita mmbangunnya,nah dr situ lah pngmbangan diri dimulai,gt.. (Mohon maaf nie klo mksd sya salah,saya bner2 ga ngrti soal itu)

    klo saya tkg tahu,tahu saya dbilang ga enak,saya cm mnangkap kmungkinan. mgkn bnar tahu saya ga enak,mgkn dia ga suka sm sya krna saya pnjual tahu tkg tipu,jd dy ga mau bli lg,mgkn sja ia trtarik,tetapi tidak mau mengakuinya,ato mgkn dy memang ga suka tahu,gt mas..
    nah dr situ kita memilih kmungkinannya,trgantung kita mmikirkan positif atau negatif,

    mohon maaf klo saya mnyinggung anda..,saya bener2 ga maksud lho,wlaupun anda mungkiin..(mungkin lho..) sudah mnyinggung pebisnis MLM lain,saya sie ga trsinggung karena apa yg anda ktakan ada benarnya,tp saya taw,tp saya suka,jd saya tidak brpikiran sprti anda,saya hanya brpikiran positifnya saja,

    skali lagi mohon maaf lho..

    Bayu Hebat™ : ehmmmmm ok esaya saya salah ambil kesimpulan tentang saya dibilang negatif.

    Memberi masukan ama orang lain itu bisa menjadi pengembangan diri dari orang yang diberi masukan. Inget belajar dari pengalaman orang lain itu juga berharga loh

    Ada yang bilang gini, kalau satu atau dua orang bilang mungkin orang yang bilang salah cuman kalau udah 1 batalion yang bilang berarti emang ada yang salah. Tukang tahu kalau tahunya dibilang gak enak sebagai tukang tahu yang baik yah introspeksi bukannya mikir mungkin begini or begitu. btw bisnis mana yang bukan bisnis manusia. semua bisnis butuh intregritas

    Comment by Rizki — November 24, 2008 @ 12:34 am | Reply

  43. oiya tntang ramalan itu liat saja,mgkn salah,ato sbaliknya,jd kita liat saja,gt mas..

    lgpl emang sya blg ‘saya ga terima’?anda kan mmberi pndapat,saya juga mmberi pndapat,fair kan?kalo enggak brarti anda egois,tp saya prcya anda tidak sperti itu..

    Bayu Hebat™ : silakeun kalau gak terima, saya sich oke – oke aja. boo sayah yakin seratus persen gak bakalan tercapai. udah tahu 2020 katanya bisnis yang mengusung teme menolong sesama bakalah bludak?

    Comment by Rizki — November 24, 2008 @ 12:46 am | Reply

  44. Setuju bro,,, kita liat aja di lapangan, orang2 terkaya di dunia bukan org2 yg ngejalanin MLM khan,,,

    Bayu Hebat™ : lbegitulah adanya

    Comment by Angga — January 28, 2009 @ 3:26 am | Reply

  45. mas…mendingan ikut MLM daripada pasang:
    #
    Donasi
    Mandiri cabang martadinata 1310004360170
    Voucher pulsa ke 022 70960969 (Flexy).
    Saya ucapkan terimakasih terhadap donasinya

    ini..mental anti mlm kah?

    Sry jangn sakit hati…krna sy pecinta mlm…sy dpt uang di jaringan saya juga smua dpt uang…

    hiduup MLM

    Bayu Hebat™ : sorry donasi bukan temoat saya cari uang. Saya dapet uang dari project saya. Bahkan saya pernah bikin event dengan MLM sebagai pesertanya

    Comment by siti — February 7, 2009 @ 5:35 pm | Reply

  46. oke de..mas bayu..tp kl bleh saran neh,,mndingan di ilangin aja itu tmpt donasi..kesannya..spt yayasan…atau panti2 yng sedang mencari dana lewat….
    “tangan diatas lbh baik daripd tangan dibawah”

    so..buat para anti MLM, siapa tau suatu saat nanti membutuhkan peluang usaha akan tetapi terbatas pada modal..kiranya pilihan terbaik adalah join dengan MLM dan carilah MLM yang mempunyai ciri2 sbb:

    ke-1 :Perusahaan/Manajemen…Mapan, perusahaan besar dan perusahan International

    ke-2 :Produknya….produk Kesehatan base on teknologi(Obat tanpa Diminum, tidak ada efek samping,alami, Reaksi Cepat…dan Efektif)

    ke-3: Konsumennya : bisa Smua Makhluk Hidup…(manusia..so pasti, hewan oke, tumbuhan..jadi subur) sehingga jika dijual tanpa MLMpun orang mau membelinya dan mendapatkan manfaatnya.

    ke-4:system :Adil dan Beradab..siapa yang bekerja..dia akan mendapatkan sebanyak apa yang dia kerjakan…downline bisa lebih banyak hasilnya drpd upline, jadi kalau orang yang cuma mimpi ya gak bisa dapat uang.

    ke-5:Suport System : Personal Cyber Office Online 24 jam memiliki Jaringan International..

    begitulah semestinya MLM..tidak akal2an, tidak menipu orang, tidak merugikan orang….

    buat temen2 yang cinta MLM, tidak perlu gusar dg para anti MLM, karena saya dulu termasuk orang yang paling anti dg segala macam jenis MLM..

    Yang sudah terlanjur mencintai MLM..terus berjuang…
    Yang sudah ikut MLM belum berhasil….tinjau ulang MLM anda jangan bertahan pada ketidakpastian…
    Yang sudah dapat banyak uang di MLM…usahakan di jaringan anda semestinya juga harus bisa mendapatkan uang spt anda..

    Buat temen2 yang anti MLM…terimakasih pada kalian..krena dengan adanya kalian…para pencinta MLM lebih bersemangat..dan lebih bijaksana dlm bekerja.

    hiduup MLM

    Bayu Hebat™ : mau nya sich diikangin plus iklan disebelah semuanya. aku lagi males ngoprek euy. lagi pula ini blog ku kok situ yang ngatur? Aniwey udah baca semua link yang dikasih ? think logical act postive

    Comment by siti — February 11, 2009 @ 11:05 am | Reply

  47. hmm…begitu lebih baik tanpa donasi..dan sekarang anda bisa sesuaikan dengan kata-kata anda…dan smoga berkah melimpah kepada anda.

    oops sry gak ngatur cma nyuruh doang..n napa jg sy jd buang2 waktu di blog anda ya?

    btw dah punya laptop nih di rmh gak ke warnet lge? he he he

    Bayu Hebat™ : kewarnet tergantung pengunaan. fleksible aja lah situh gak punya laptop ama koneksi emang?

    Comment by siti — February 14, 2009 @ 12:23 am | Reply

  48. ngomongin MLM jadi inget omongan Tora Sudiro di “Quickie Ekspress” pas disuruh milih jadi gig*lo atow MLM:
    “Mending gw jadi gig*olo!”

    piis .. saya sih berpikir abu2 aja mengenai MLM, yang ikutan silakan, yang nggak ya berarti sama ama saya, hehe. Kaya dari MLM emang nggak mustahil kalo saya pikir, but, that’s not so me.

    Masih merasa muda dan masih banyak peluang di luar sana yang mungkin bisa lebih menghasilkan dan menantang, seperti bisnis konvensional tentunya.

    Comment by jaka ramdani — February 25, 2009 @ 11:36 pm | Reply

  49. Met Malem kang Bayu.

    EMELEM2 lagi cape dech!!!!.

    Ngacirrrr ah——–> (tatut dihalalin darahnya)

    Bayu Hebat™ : baca yah😛

    Comment by Andes — March 1, 2009 @ 7:32 pm | Reply

  50. menghabiskan waktu untuk berdiskusi hanya mau saling menjelekan,lebih baik masing2 kerja.dan alhamdulillah saya dan temen2 bisa punya penghasilan berkat kerja keras,walaupun sebenarnya juga mungkin masuk dalam katogori mlm yaitu agen minuman dan makanan ( sembako) masalahnya aku juga ngambilnya dari distributor,kemudian distributor katanya ngambilnya langsung dari pabriknya.kalau kayak gitu apakah bukan jaringan yaaaaaaaaaaa?
    (mlm)

    Comment by dudi — March 10, 2009 @ 2:05 am | Reply

  51. semoga kita jangan hanya pandai bertiori saja,tapi no eksyen, di indonesia sudah terlalu banyak orang pandai tapi sedikit orang mau melakukan kerja nyata,kita hanya taunya menyalahkan dan terus menyalahkan sementara kita juga tidak bisa berbuat apa2. ALLAH TDK AKAN MERUBAH SUATU KAUM KECUALI KAUM ITU SENDIRI AKAN MERUBAHNYA.kalau kita mau berubah kerja keras,kerja cerdas kerja ikhlas.setelah itu kita memohon pertolongan tuhan.

    Comment by dudi — March 10, 2009 @ 2:13 am | Reply

  52. kita hidup pasti berhubungan dengan yang namanya jaringan ( mlm )hehehehehehehe, maaf ga nyambung nihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Comment by dudi — March 10, 2009 @ 2:16 am | Reply

  53. aq sbnarnya dari dulu tuh dah mblenger denger apa yg di sebut MLM-ers mengapa? setelah tak itung tak atik matuk tenan lho! yg jadi Upline yg uenak-uenak downline berereotan kemana-mana, palagi klo lagi nawarin psti ga jujur kan? pasti ada yg di sembunyikan dari produk mapun janji 2. cnth aq kan ga pernah ngopi tapi nawarin kopi jadi bohongkan sementara hrus tutup poin. Belum lagi nanti bos nya ngabur, banyakkan skrg setelah jaringan berkembang biak n beranak pinak ada juga lho yg bos nya ngabur atau ada ksus lain di tangkap polisi sprti baru-baru ini, iya kan?. Intinya berapa seh yg di dpt down untungnya paling 2 % sementara owner dah trilyunan dan parahnya lagi uang itu hasil usaha di sini di bawa kabur keluar negeri untuk uenaka-uenakan n ongkang-ongkang di sana ok aq amat setuju ame opini di atas, sbab aq dah anti ba’et am tuh mlm-ers. dah.

    Comment by insyaf — April 18, 2009 @ 11:30 pm | Reply

  54. gw setuju sama deniar bay
    gak ada sekolah mental yang sehebat MLM
    buktinya?
    dia di maki2 di blog ini, hahaha.. gimana gak sekolah mental coba?
    hehehe

    Comment by Syauqi — April 22, 2009 @ 6:08 pm | Reply

  55. Mudah-mudahan Anda diberi kearifan untuk menilai sebuah persoalan.

    Comment by edi prihadi — May 18, 2009 @ 10:52 am | Reply

  56. ya udah, kalo gitu saya tungguin komennya mas bayu di postingan saya di
    sini
    😀

    Comment by dinie — July 28, 2009 @ 9:24 am | Reply

  57. iya gan setuju….
    emang parah kalo bisnis mlm satu bangsa ikut bahaya banget
    jadi kaga jalan bisa2 roda perekonomian ini …
    piramida hitam

    awas hati2 bila teman terdekat anda mulai terpengaruh menjadi aneh…

    Comment by fiki — October 24, 2009 @ 11:28 am | Reply

  58. Hey Ati MlMler, I hope you guy’s Undertsand my language but I myself am against that mlm crap. In my eyes it is realy steeling peoples money and the theorie looks good, but doesn’t work. I would prefer to do Internet ore affiliate marketing and go to sites like the turbo traffic system, to do my business

    Comment by George — May 17, 2010 @ 5:35 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

