Bayu Hebat™

July 31, 2008

Meramalkan masa depan?

Filed under: Bisnis dan Investasi — Bayu Tabusalla @ 12:50 pm
Tags: , ,

bisakah masa depan itu diramalkan?

pertanyaannya ringan cuman jawabannya bisa sangat merumitkan. Banyak yang berkata bahwa masa depan bisa diramalkan dari masa lalu. Ada lagi yang berkata bahwa masa depan diramalkan dari baby boomer. Bahkan banyak buku tentang forcasting beredar seperti megatrend dan the next trillionaire

Isi dari ramalan

dari kedua buku diatas diramalkan bahwa industri dari kesehatan akan meningkat tajam. Hasil ini didapat dari perkembangan baby boomer. Terjadinya ledakan populasi yang sangat tinggi pada tahun 1960an dimana ledakan populasi itu membuat sebuah trend baru dalam kehidupan manusia. Industri berkembang mengikuti kemauan dari baby boomer ini. mulai dari industri mainan anak – anak, mobil dan motor, komputer, dan katanya nanti kearah kesehatan. Kenapa berkembang ke kesehatan karena dicurigai para baby boomer ini akan pensiun pada umur sekitar 50 tahun dan pada saat itu yang paling dibutuhkan adalah kesehatan dan bukan lagi teknologi.

Banyak yang menggunakan ramalan ini untuk kepetentingan bisnis dan lain sebagainya. Permasalahannya adalah apakah ramalan ini akan tepat? Atau hanya sekedar hoax.

Pikiran saya tentang ramalan

Belajar dari banyak hal yang saya dapat. Saya akhirnya membuat sebuah pernyataan bahwa ramalan akan masa depan adalah sesuatu yang mustahil benar adanya. Apalagi sebuah ramalan itu sampe menebus batas dari puluhan tahun. Only God know the future.

Bahkan dipasar saham sekalipun para investor ulung seperti Warren Buffet tidak dapat memprediksi masa depan. Alih – alih memprediksi para investor ulung hanya dapat meredam kemungkinan terjadinya kerugian (Teknik – tekniknya baca buku Intelligent Investor).

Gimana caranya meramalkan masa depan padahal benda yang disebut ‘masa depan’ saja kita gak tau. Dari mana kita tahu bahwa yang namanya besok industri kesehatan akan laku? Saya masih bingung apakah mereka tidak berpikir jika para baby boomer itu menikah maka akan menimbulkan super baby boomer? tapi dilihat dari kenyataannya industri yang laku pada saat lalu ternyata tidak berulang sekarang.

Saran tetang ramalan

saya lebih percaya pada apa yang disebut “masa depan berada ditangan masing – masing orang”. Tiap orang punya masa depan yang berbeda dan itu ditentukan oleh masih – masing orang. Mengenai terjadinya booming industri secara bersamaan itu mah gak bisa diprediksikan. Jadi dibanding sibuk prediksi masa depan dan lain – lain lebih baik kerjakan aja yang ada. Lebih baik fokus untuk menghilangkan atau memperkecil resiko usaha. Bukankah banyak sekarang atau dahulu yang kita lihat industri yang berada pada ‘jalurnya’ tapi tetap saja bangkrut.

You are god for your own life

8 Comments »

  1. Ramal dan Prediksi memiliki arti yang sama kah?

    bayuhebat : weleh iya iyah😀. tapi saya angap sama kalo ditulisan ini

    Comment by Taruma — July 31, 2008 @ 1:02 pm | Reply

  2. seneng dech liat rumah barunya

    realylife Punya tulisan terakhir : Idenya Pleaseeeeeee????

    Comment by realylife — July 31, 2008 @ 9:13 pm | Reply

  3. saya ramalkan masa depan saya akan sesuai dengan harapan saya *optimis!!!* wekekeke… optimis apa kepedean sihhh?😛

    bayuhebat : optimis itu beda dengan kepedeen

    Comment by fenny — August 1, 2008 @ 3:58 pm | Reply

  4. waduh ramalan?? yg penting hidup must go on aj..:D

    Comment by erwin — August 1, 2008 @ 4:42 pm | Reply

  5. Ramalan?!?!?Makanan paan seh??:D

    Comment by BeruangGila — August 1, 2008 @ 5:47 pm | Reply

  6. Still, kadang-kadang masa depan bisa diprediksi dengan cara menganalisis trend yang sedang terjadi.

    bayuhebat : trend mana yang diramalakan tepat? saya rasa yang ada adalah menganalisa trend yang tengah terjadi bukan yang akan, Remeber “Future is Mistery”

    Comment by Petra Novandi — August 2, 2008 @ 7:23 am | Reply

  7. walahh.. makin stress ajahh.. :p

    Comment by Orang stress — August 2, 2008 @ 5:08 pm | Reply

  8. dan ituh yah.. kata agama sayah mah.. percaya ramalan bisa ngapus amal ibadah kita selama 40hr gituh??.. kebayang: udah mah solatnya males-malesan, ngaji jarang, sedekah tara… hangus deuih karena cuma pcaya atau bahkan cuma niatin baca ramalan.. naudzubillah…

    lala Punya tulisan terakhir : Dedeth on August!

    BayuHebat : waduh ini mah soal peramalan bukan pake cenayang tapi pake data – data. Emang sama yah? wah statistika kumaha euy?

    Comment by lala — August 7, 2008 @ 12:14 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: