Bayu Hebat™

August 31, 2008

Tips Memilih Buku Untuk Dibeli

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 6:58 pm
Tags:

Warning tipsnya gak berlaku kalo minjem buku :mrgreen:

Jadi berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam memilih buku. Banyak buku yang saya beli yang dilihat covernya bagus ternyata isinya banyak yang tidak sesuai dengan perkiraan kita. Trus beberapa kali menyesal beli bukunya karena ternyata isinya banyak ngambil dari buku lainnya. Berikut beberapa tips yang berhasil saya dapatkan.

Pergunakan rekomendasi

Nah kalo anda punya teman yang memiliki minat yang sama dengan anda, tanyakan pada mereka mengenai buku yang mereka rekomendasikan. Kemungkinan besar buku – buku yang mereka rekomendasikan sesuai dengan keinginan anda. Kalo bisa dapatkan lebih dari 3 rekomendasi untuk satu buku, hal ini untuk memastikan buku yang direkomendasikan benar – benar bermutu

Pilih yang best seller

Kalo anda tidak mempunyai rekomendasi dan tiba – tiba ada buku bagus depan mata anda, sebaiknya anda lihat letak buku tersebut. Jika bukan dideretan best seller sebaiknya ada tahan atau gunakan tips ketiga jika anda benar – benar ingin membelinya. Karena biasanya buku yang terlihat bagus tapi bukan dideret bestseller itu merupakan buku lama (yang mungkin dahulunya best seller) atau Isinya sulit untuk dibaca

Lihat komentar pada bukunya

Biasanya buku bagus dibukunya terdapat komentar, lihatlah siapa yang merekomendasikannya. Walaupun cara ini gak begitu bagus cuman ini akan memberikan gambaran tentang buku itu. Cara ini gak terlalu pengaruh besar karena ternyata banyak buku yang dikomentari oleh orang – orang yang terkenal, Isinya banyak yang merupakan ide – ide mereka yang dirangkum diformat dalam bentuk baru

Lihat siapa penulisnya

Biasanya kalo mereka pembicara yang bagus (muda dipahami) kemungkinan besar bukunya mudah pula dipahami, terlebih lagi mereka memiliki ide – ide pada seminar yang anda sukai. Jika buku tersebut dahulunya merupakan buku yang mudah dibaca maka gaya penulisannya untuk buku selanjutnya tidak akan berubah banyak, ini memberikan gambaran isi buku yang akan anda beli

Sekian tipsnya semoga bermanfaat, Oh ya Marhaban Ya Ramadhan Semoga Ramadhan ini bermanfaat

August 29, 2008

Enaknya Jadi Bloger

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 7:31 pm
Tags: , ,

Wah saya bakalan nulis enaknya jadi bloger. Pengalaman saya selama 8 bulan (1bulan 14 hari lagi kayanya keluar nich 😀 ). Awalnya bikin benda macam kaya gini gara – gara om – om satu ini mulai dari motivasy.com ampe sekarang jadi bloger gara – gara tuh orang 😀 . Terlepas dari sejarah kenapa saya jadi bloger berikut kenikmatan yang saya dapat ketika melakukan bloging.

Belajar Nulis yang Bener

Dulu mah saya nulis aja gak becus (mungkin sekarang juga 😀 ). Beh numpahin yang namany ide kedalam bentuk tulisan tuh susah banget, nemuin ide buat nulis aja ampun – ampunan. Pernah waktu itu rencana mau bikin buku cuman tiba – tiba terjadi pemalesan (hehehhe biasa ini mah). Akhirnya sekarang malah ber bloging ria karena kalo bikin buku harus dibatasi satu topik tapi kalo blog apapun bisa :D.

Belajar Dikit tentang Web

dari yang gak tau css akhirnya dipaksa tahu untuk belajar css. Soalnya kadang – kadang themes yang kita mau gak sesuai dengan apa yang kita mau 😀

Tambah Ilmu Tambah Temen

Nah ini yang lumayan penting, karena adanya kopdar – kopdar akhirnya nambah deh temen, Gak disanka ternyata banyak ketemu ama orang – orang berpengaruh cuman karena bloging giniian doank :D. Karena perbedaan latar belakang dan pekerjaan akhirnya ilmu yang dimiliki juga bertambah sehingga otak jadi semakin tereksplorasi.

Jadi Jurnalis

yah walaupun kacangan cuman pekerjaan (hobby) ini termasuk juga dalam katagori jurnalis. Hebatnya adalah kalo ada kegiatan walaupun tidak diliput koran kita bisa ngeliputnya sendiri 😀 . Bahkan konon kabarnya bloger itu mampu membuat kritik lebih didengar seperti disini dan disini. Nah sekarang kan ada UU ITE yang walaupun saya gak tau isinya cuman katanya membuat kebebasan dunia internet indonesia menjadi bebas betanggung jawab :mrgreen: .

Belajar berpendapat

baru ketawan ketika ide itu diutarakan ternyata banyak yang gak setujuh 😀 . Kalo cuman sama temen deket mah paling bilangnya okeh – okeh ajah. Cuman begitu di post langsung banyak komentar. Dan disini kita dapat melihat seberapa jauh ilmu kita

Penyelesaian Masalah

Ini pengalaman pribadi ternyata dengan meruh masalah kita di blog kita dapat memperoleh penyelesaian masalah dari temen – temen yang datang ke web kita 😀 . Wah cuman perlu diingat bahwa harus pintar – pintar menulis dan menyembunyikan identitas bisa – bisa malah jadi rahasia umum 😀

Sebenernya masih banyak lagi yang lain cuman berhubung gak terlalu etis juga kalo saya tulis disini 😀 . hehehe,

August 28, 2008

Apakah Otak Kita Terlalu Luas ?

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 8:01 pm
Tags: ,

ini bukan pengalamat pribadi 😀

Jadi saya berpkir katanya kan hanya 5 % dari otak kita yang digunakan untuk berpikir (bener gak?). Nah sisanya yang 95% itu kemana? trus buat apa. Kalo lah saya anggap bahwa yang 5 % dari otak itu merupakan sebuah wilayah maka masih ada 95% wilayah lagi yang belum dieksplorasi. Permasalahannya adalah yang mau saya bahas apakah otak kita terlalu luas sehingga kita bisa tersasar di otak kita sendiri? Nah lho bingung kan

Jadi begini sodara – sodara. Pernah liat orang gila kan. Nah ceritanya begini saya punya paman (Paman saya beda 2 tahun dari saya) saya panggil si A. Nah A ini pernah mengalami kecelakaan motor yang mengakibatkan dia “bisa dibilang (tapi dia mengakui)” hilang ingatan dan gila kalo gak salah selama 3 hari. Pas kecelakaan saya gak tau cuman pas dia sadar trus cerita ya jelas ngakak – ngakak. Dia bilang kata temennya (kan dia ilang ingatan) kelakuannya kaya anak kecil banget. Nah begitu dia sadar dari ‘kegilaannya’ dia malah lupa ama apa yang dilakuain pas dia sedang ilang ingatan (jadi bisa dibilang ilang ingatan ketika ilang ingatan? 😀 ).

Nah dari situ bisa saya simpulkan bahwa otak kita terlalu luas bahkan kita bisa tersesat didalam pikiran sendiri. Ibarat orang kesasar lupa arah pulang, trus pas pulang lupa dia tadi kemana aja. Segitu hebatkan otak kita sampe bisa melakukan hal seperti ini? Saya curiga waktu mimpi juga sebenernya kita sedang melakukan eksplorasi terhadap bagian dari dari otak kita yang lain, tapi gak jauh – jauh amat sehingga kita masih bisa balik lagi.

Wah ternyata dalam diri sendiri ada bagian – bagian yang bisa merepotkan juga :D. Bagaimana menurut anda?

August 26, 2008

Mahasiswa dan TA – nya

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 11:15 pm
Tags: , ,

*harap baca bagi yang semester akhir (berapapun yang penting lagi TA).

sebagai bahan referensi bagi yang masih butuh pembenaran kenapa harus jadi mahasiswa lama – lama silakeun baca postinganya deniar disini. Sebenatnya dari hati paling dalam saya bener – bener pengen lulus (atau sekedar lolos). Beberapa orang yang gak lolos – lolos dari TA bisa diakibatkan oleh beberapa hal

1. TA nya susah

Udah jadi common bilangnya TA nya susah trus TA temen sebelahnya mudah. Padahal sama aja, saya merasa hal ini dikarenakan kurang skill dalam memilih dan/serta mengerjakan TA 😀 . Kalo dalam hidup saya lebih dikarenakan kurangnya bantuan pengerjaan. 😆

2. Saya masih butuh status mahasiswa

nah kalo ini seperti yang diberikan oleh bang den. Saya gak banyak komen soalnya emang status mahasiswa itu banyak enaknya. Tapi den kalo statusnya mahasiswa akhir ternyata cukup menyiksa diri 😦

3. Tar kerja apa kalo dah lulus

Wah ini paling parah. Kalo saya nyebutnya mahasiswa lulus premature. Jadi mahasiswa masa gak ngapa – ngapain. Padahal kalo punya status mahasiwa harusnya bisa seneng buat salah banyak. Karena tinggal ngomong “Kan masih mahasiswa , masih belajar jadinya”.

Dilain pihak para mahasiswa tingkat akhir banyak dirundung banyak pertanyaan yang akhirnya membuat salah satu blogerwati kita membuat FAQ. Sedih emang, padahal kalo dipikir – pikir kalo ntar dah lulus FAQnya juga sama cuman dirubah subjectnya. Contoh”Kapan lulus?” menjadi “Kapan kerja?/ Kerja dimana?“. Bisa juga “TA – nya tentang apa?” menjadi “Kerjaannya bidang apa ?“. Menanggapi FAQ yang seperti ini default Jawaban saya adalah “Mau tauuuu ajah !!” (yah sekedar kalo pertanyaan emang gak mau dijawab 😀 ).

Dah ah saya mau balik ngerjain TA (Tugas ampun ampunan!)

August 24, 2008

Minggu yang menyenangkan – Kopdar 2 kali (Blogor + CahAndong)

Filed under: Cerita — Bayu Tabusalla @ 9:17 pm
Tags: , , ,

Hehehe Kopdar itu memang menyenangkan apalagi kalo dikota kampung halaman. Hari ini ada satu lagi komunitas bloger yang dibentung yaitu komunitas bloger Bogor (Blogor). Luar biasa maksa namanya tapi dibandingkan dengan Batagor.net yah jauh lebih nyambunglah :D. Blogor singkatan dari Bloger Bogor, bisa juga plesetan dari Kota Bogor yang dengan sisipan l antara B dan o :D. Ok susunan organisasinya dengan korban ketua adalah HanggaDamai dan korban lainnya adalah Don Danang, dan om Achoey yang khilaf akhirnya jadi korban juga :D.

Hehehhe sapa tuh?

Oh ya nama webnya lom dikeluarkeun ditakutkan nanti ada yang beli duluan trus jual mahal :P. Nunggu pengumuman resminya dari sang ketua langsung saijah. Eh ada Dosen namanya pak sjafri dateng wah para dosen diujung bandung sana dateng napa ke kopdar Batagor.net kecuali dosen yang ini 😀

Yang lagi bediri dosen tuh

Rapatnya disponsori oleh Speedy (telkom) dikasih ruangan yang ada hotspotnya yang saya curiganya malah hotspotan dibanding rapat :D. Trus dapet makan euy dari para bunda (maaf bun yang saya inget bunda menik saijah ).

Rapat berjalan dan perut saya semakin kembung ternyata kok ada muka seleb blog yang lain yang ternyata saya baru tahu bahu Nona-nya merupakan jebolan bogor.

Acara berlanjut ke DBC (Keliatanya ABC) yaitu Death By Chocolate yang saya baru tahu bahwa di bogor tuh ada juga! Beda loh ama yang di Jakarta. Enak juga tadi disana sebenernya mau nunggu ratu kopdar cuman kok lama yah. Ya sudah acara dilanjutkan dengan ngolor ngidul gak karuan. Eh Di DBC ada tempat test coklat loh cuman sebelum ngetest ada surprisenya yang amat keren. Zam pun memperagakan kebolehannya dalam berplayboy ria dengan handphonenya :D.

Wah what a nice day. Makasih semuanya……

Nengok Kiri

yang kanan mouses chocolate

death by Hot Chocolate

Update 25-08-08

Oh ya kalo mau saya ada alternatif nama nich blog.org (Blogorg) hhehehe. atau kalo dah ada yang punya asinanblog.org. Org bisa diganti or.id jadi blog.or.id (lucu juga nich nama). Sorry namanya baru kepikiran setlah dapet org

Postingan Anak – Anak

  1. Bukan Kopdar Biasa (Pembentukan Komunitas Blogger Bogor)
  2. Kelahiran Blogor
  3. Kopdar Blogor Perdana
  4. Kopdar Melulu
  5. blogor saungna blogger bogor yeuh

Next Page »