Bayu Hebat™

August 31, 2008

Tips Memilih Buku Untuk Dibeli

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 6:58 pm
Tags:

Warning tipsnya gak berlaku kalo minjem buku:mrgreen:

Jadi berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam memilih buku. Banyak buku yang saya beli yang dilihat covernya bagus ternyata isinya banyak yang tidak sesuai dengan perkiraan kita. Trus beberapa kali menyesal beli bukunya karena ternyata isinya banyak ngambil dari buku lainnya. Berikut beberapa tips yang berhasil saya dapatkan.

Pergunakan rekomendasi

Nah kalo anda punya teman yang memiliki minat yang sama dengan anda, tanyakan pada mereka mengenai buku yang mereka rekomendasikan. Kemungkinan besar buku – buku yang mereka rekomendasikan sesuai dengan keinginan anda. Kalo bisa dapatkan lebih dari 3 rekomendasi untuk satu buku, hal ini untuk memastikan buku yang direkomendasikan benar – benar bermutu

Pilih yang best seller

Kalo anda tidak mempunyai rekomendasi dan tiba – tiba ada buku bagus depan mata anda, sebaiknya anda lihat letak buku tersebut. Jika bukan dideretan best seller sebaiknya ada tahan atau gunakan tips ketiga jika anda benar – benar ingin membelinya. Karena biasanya buku yang terlihat bagus tapi bukan dideret bestseller itu merupakan buku lama (yang mungkin dahulunya best seller) atau Isinya sulit untuk dibaca

Lihat komentar pada bukunya

Biasanya buku bagus dibukunya terdapat komentar, lihatlah siapa yang merekomendasikannya. Walaupun cara ini gak begitu bagus cuman ini akan memberikan gambaran tentang buku itu. Cara ini gak terlalu pengaruh besar karena ternyata banyak buku yang dikomentari oleh orang – orang yang terkenal, Isinya banyak yang merupakan ide – ide mereka yang dirangkum diformat dalam bentuk baru

Lihat siapa penulisnya

Biasanya kalo mereka pembicara yang bagus (muda dipahami) kemungkinan besar bukunya mudah pula dipahami, terlebih lagi mereka memiliki ide – ide pada seminar yang anda sukai. Jika buku tersebut dahulunya merupakan buku yang mudah dibaca maka gaya penulisannya untuk buku selanjutnya tidak akan berubah banyak, ini memberikan gambaran isi buku yang akan anda beli

Sekian tipsnya semoga bermanfaat, Oh ya Marhaban Ya Ramadhan Semoga Ramadhan ini bermanfaat

8 Comments »

  1. hmmm nice tips……😎

    Comment by Catra — August 31, 2008 @ 9:06 pm | Reply

  2. da lagi … klo saya,
    kadang kala lihat dulu dr kebutuhan mendesak atau tidak… krn kantong sering kering …😀

    Comment by afwan auliyar — August 31, 2008 @ 9:08 pm | Reply

  3. kalo saya biasanyah beli di bazar buku soalnyah diskonan,,biasanyah cuma liat sinopsinyah.alhamdulillah ga pernah kecewa.tapi sayamah jarang beli buku.mahal yah??saya mah lebih suka pinjem aja ketemen ato rentalan (ngga pernah keperpus tapinyah.serem iih perpus tuh)..tapi enak yah baca buku ituh walaupun capek n nyita waktu…

    bayuhebat : Wah yang keotak kali diivestasikan hasilnya berlipat ganda (tergantung jenis bukunya juga😀 )

    Comment by icha — August 31, 2008 @ 10:19 pm | Reply

  4. @icha : kenapa serem? (soal perpus)

    gw cukup sering mengalami hal kecele dalam membeli buku… tapi kalo kecele paling berusaha menghibur dirinya dengan mengingat kata2 dosen gw dulu… “setiap buku itu pasti punya muatan ilmu dan pasti bermanfaat…” meskipun terlepas dari ilmu&manfaat seperti apa yg terkandung dalam buku tersebut…

    bayuhebat : nah itu kalo udah nyesel trus menghibur diri bukunya saya jadi mendokem di dalam lemari😦 . Jadi ngerasa buang2 duit

    Comment by mitchee — August 31, 2008 @ 10:55 pm | Reply

  5. oh gitu ya…
    klo gw, milih buku berdasarkan warna sampulnya, kalo warna kuning dan gambarnya lucu, ya gw ambil.( huahaha.. beli buku apa beli baju. ga nyambung jek :p)

    bayuhebat : kadang – kadang saya jga gitu, kalo liat gambarnya bagus jadi ngebet beli😀

    Comment by aruna — September 1, 2008 @ 6:04 am | Reply

  6. Buka goodreads temen. Minta rekomendasi. heheh. lumayan ampuh. Kalo lagi ndak punya duit beli buku, donlot aja. heheh

    bayuhebat™ : gud gud gud. tapi baca di komie bikin mata lelah euy. jadi seklaian pinjem printer temen😀

    Comment by don danang — September 5, 2008 @ 10:20 pm | Reply

  7. kalau buku-buku yang dapet AWARD? apakah bisa jadi bahan pertimbangan buat membeli buku?

    bayuhebat™ : tergantung kalo bestseller yah tak beli. kalo gak berarti bacaan berat. Kaya yang menang pulitzer beh satu novel ampun – ampunan

    Comment by darnia — September 6, 2008 @ 7:04 pm | Reply

  8. bener juga ya..
    makasih, hehe..

    bayuhebat™ : pergunakan dengan bijak

    Comment by cheneL — September 7, 2008 @ 8:56 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: