Bayu Hebat™

December 6, 2008

Sekolah, Semangat dan durasinya

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 10:52 am
Tags: , ,

Ini gua gak habis pikir euy. Bukan masalah pembelajaran dan bukan masalah apa yang diajarkan tapi melihat dari semangat untuk masuk dan belajar (atau main) atau bisa dibilang durasi dari semangat tersebut. Mungkin kalau dilihat dari pengalaman saya SMP trus SMA dan kuliah plus Kerja (dikit). Terjadi pergeseran semangat dan durasi tersebut. Bisa dibilang pergeserannya lumayan aneh dan mencengangkan. Okeh lah mari kita lihat

Saat SMP bisa diketahui kita belajar jam 7 sampe jam 12 (apa jam satu yah?) nah bisa ibaratkan 5 jam lah belajar. Masuk kelas 3 SMP baru lah ditambah jadwal les macem – macem lumayan lah dapet 8 – 10 jam sehari. Saya rasa jarang atau bahkan gak ada yang komplain dari diri siswanya tersebut. Biasa aja dinikmati bahkan.

SMA kita masa jaya – jayanya berapa jam yang dihabiskan itu tergantung masing – masing individu dan kesibukannya. yah rata – rata dari kelas satu sampe kelas 3 kalau saya sendiri bisa ngabisin 10 jam tiap hari perlu diingatkan ini sampe sabtu loh. Kalau saya sendiri sich gak ada komplain walaupun kalau emang ada acara bagus baru dech cabut (boong deng saya anak baik – baik gak pernah cabut). Bisa dilihatkan ada peningkatan dari SMP ke SMA dari segi durasinya. Belum lagi tambah Extrakulikuler dihari minggu lengkap dech banyak acara dan semuanya gak ada komplain. Paling komplain minggu kok masih lama😀

Pas kuliah terjadi anomali keanehan disini. Saya pernah pol itu ngambil 24 SKS yang setara dengan 30 jam satu minggunya. Kuliah digeber dari senin hingga ke sabtu. Padahal masuknya bolong – bolong dan banyak liburnya. Tapi tetep aja komplain karena kebanyakan waktu dikuliah. Mungkin orentasinya mulai berubah ke komunitas ataupun Extra Kampus yang jelas – jelas mau sampe begadang juga gak komplain. Lucu sich kalau dilihat. Sebenernya dimasa – masa SMP atau SMA kita juga menghadapi mata kuliah ataupun dosen yang kita gak senangin tapi tetep aja masuk. Bahkan bisa menjadi cambuk kalau gak ngerjain tugas. Nah begitu kuliah waktu menjadi longgar dan berasa sudah bisa ngurus sendiri matakuliah yang gak disenangin bisa aja ditinggalkan tanpa perasaan bersalah.

Aku sempet kerja dari senin sampe jumat wah ini aku komplain berat. Tiba – tiba sabtu minggu berubah menjadi ajang pembalasan yang sempurna padahal ketika SMA gak pernah kaya gini. Saya bingung apakah durasi dari semangat saya tiba – tiba menurun atau karena faktor lain? Ada yang bisa menjelaskan?

Thank gambarnya untuk galeriganjar

2 Comments »

  1. yah justru karena saat kuliah kita kan jadi punya pilihan, bisa ga masuk begitu aja, bisa titip absen 👿
    trus saat jadi mahasiswa, kita memang seolah dipaksa 👿 untuk mulai memutuskan segala sesuatu sendiri, ga bisa lagi kayak waktu SD SMP SMA yang segala2 ‘disuapin’.

    Bayu Hebat™ : yah sekarang bisa milih suapan yang mana😛

    Comment by Shasya Pashatama — December 7, 2008 @ 12:34 am | Reply

  2. 😐
    barankali karena faktor manusiawi nya mas

    Bayu Hebat™ : Yah gak bisa gitu juga. Makanya dipertanyakan karena ada yang gak seperti ituh

    Comment by reallylife — December 7, 2008 @ 7:30 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: