Bayu Hebat™

April 9, 2009

Hobi baru : Rubik Cube

Filed under: Berbagi Pikiran,Hobi — Bayu Tabusalla @ 12:15 pm
Tags: , , , ,

Ya yaya bagi yang gak tau rubiks cube tuh apa silakan liat gambar dibawah. Idealnya pada pertama kali dikenalkan merupakan cube dengan dimensi 3x3x3. Sejak pertama kali dikenalkan banyak orang yang tertarik untuk menyelesaikannya tapi permainan ini sedemikian menantangnya sampai professor pun belom tentu bisa menyelesaikannya. Yang menarik dari sini adalah permainan ini berkembang menjadi permainan yang lebih menarik lagi.

Sejak diperkenalkan pada saya waktu dulu ketika SD sama ibu saya permainan rubik 3x3x3 ini belom pernah bisa saya selesaikan hingga akhirnya sama memegang kembali beberapa bulan terakhir ini . Rekor saya mikir sendiri cuman bisa menyelesaikan satu sisi saja (2 kalau sedang hoki). Sekarang ini kalau ada sedikit waktu selain baca note facebook yang updatenya ntah brapa lama sekali saya baca buku dan mainan rubik. Jangan tanya TA saya giman karena mainan ini sedemikian menariknya untuk diselesaikan. Terimakasih dengan kecangihan teknologi saat ini saya dapat menyelesaikan rubiks cube ini

Hari ini saya sendiri memaikan rubik 5x5x5 dimana untuk menyelesaikannya bisa memekan waktu 15 menitan. Untuk tiap kali pengacakan terdapat beberbagai algorima bisa digunakan untuk menyelesaikannya. Saat ini saya cuman pakai salah satu algoritma saja untuk menyelesaikannya. Yang lebih menarik adalah walaupun prinsip yang digunakan sama untuk menyelesaikannya jika kita sedikit berani mencoba hal – hal baru maka terdapat area algoritma baru yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikannya.

Sayangnya bagi para penggemar senam otak macam seperti ini barang asli yang digunakan untuk bermain sangat mahal untuk ukuran kantong saya. Untuk rubiks cube paling kecil yaitu 2x2x2 paling tidak saya harus ngerogoh 80 rebu (pengen rasanya punya nich barang). Saat ini saya pegang rubiks cube 5x5x5 yang saya beli seharga 235 rebu. Perbedaan mendasar dari barang asli dan palsu adalah, yang asli bisa dicopot dan disambung ulang serta bisa diberi pelumas agar bisa bergerak lebih cepat.

sebagai informasi rubiks cube itu kalau dilihat sebenarnya bernama rubik’s cube (dengan huruf s dibelakang rubik). Saya sendiri berpikiran bahwa pencipta alat ini bernama tuan Rubik. Entah benar salahnya silakan goggle sendiri. Dan sekarang nama tersebut berubah menjadi merek. Terdapat 2 merek yang saya kenal yaitu rubik’s sebagai yang pertama memperkenalkan permainan ini dan Eastsheen dimana dia membuat alat permainan khusus bagi para cubikers yang menginginkan kecepatan dalam permainan mereka. Sayangnya Eastsheen hanya menciptakan 2x2x2, 4x4x4, dan 5x5x5.

setelah jadi bisa dibentuk sesuka hati ini saya sebut model batik:mrgreen:

TIPS Membeli rubik cube

Terlepas dari anda bisa atau tidaknya memaikan rubiks cube saya sarankan untuk membeli rubiks 2x2x2 dan 3x3x3 sajah. Bagi yang benar – benar pengen senam otak silakan beli dengan dimensi diatasnya. Alasan saya menginginkan 2x2x2 dan 3x3x3 adalah alasan untuk membuat kagum orang lain. Permasalahannya dalam membuat kagum adalah orang lain tersebut atau audiens harus berinteraksi dengan kita minimalnya adalah mereka berusaha menyelesaikan rubik tersebut.

Rubik dengan dimensi 2x2x2 ini sedikit mengecoh dikarenakan bentuknya yang kecil membuat orang lain menjadi tertipu oleh penampilannya. Menurut yang saya dapat setidaknya ada 100.000 kemungkinan dalam rubik sekecil ini dan hanya perlu 2 algorima untuk menyelesaiakannya. Menarik bukan jadi setelah menyelesaikan baru kita mengeluarkan 3x3x3 dan menyelesaikannya dengan kecepatan tinggi (itu juga kalau anda bisa).

Kalau masih belajar menyelesaikannya dibandingkan beli barang asli yang akhirnya menjadi pajangan dirumah anda lebih baik beli yang palsu . Ditoko mainan banyak kok dan bisa anda dapatkan dengan harga 5 – 7 rebu

ps: jangan tanya saya bagaimana menyelesaikannya karena saya juga bingung ngajarinnya mening tanya ama om sok tau


13 Comments »

  1. Wew, dikampus beberapa bulan yang lalu sedang heboh”nya tuh permainan. Eh, sekarang dah sepi lagi. gara-gara dah tau caranya kali.. wkwkwkwk.. blon pernah nyobain tuh,,😦 masih kemahalan euyy.

    Comment by Taruma — April 9, 2009 @ 6:00 pm | Reply

  2. wah gw tau ginian dr lab rpl, yg asli mereknya rubiks yah?! ada kan yg kwnya juga dgn merek lain! warna warni pula

    Comment by gaw — April 9, 2009 @ 10:55 pm | Reply

  3. saya punya yang palsu. 5x5x5 kalau gak salah. tapi kecil…😛

    Comment by cK — April 10, 2009 @ 11:13 pm | Reply

  4. Bukunya sama dengan yang aku punya. Jadi semakin yakin dengan dugaan aku sebelumnya. Dah sampai bab berapa? serem nggak? Aku mo lanjutin baca kalau yakin nggak serem🙂

    Comment by enggar — April 12, 2009 @ 10:08 pm | Reply

  5. yaahhh…sayah yang 3x3x3 ajah belum kelar-kelar…apalagi yang banyak begitu…???

    Comment by LT13 — April 13, 2009 @ 5:30 pm | Reply

  6. saya malah kalau ga salah belum pernah meminkannya🙂

    Comment by achoey — April 14, 2009 @ 11:24 am | Reply

  7. kalo mau beli yang 5x5x5 palsu di daerah bandung di toko apa? di jalan apa?

    thanks…

    Comment by sena sukmananda — May 5, 2009 @ 7:44 am | Reply

  8. yah…..

    aq dah nyari sana sini…

    kebanyakan yang 5x5x5 original semua… mahal….

    huf…

    yasudah lah…

    makasih ya…

    Comment by sena sukmananda — May 12, 2009 @ 4:59 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

