Bayu Hebat™

April 18, 2009

SLB – Tuna Runggu, Tuna Wicara, Terbelakang Mental, Cacat Tubuh

Filed under: Berbagi Pikiran,Cerita — Bayu Tabusalla @ 11:24 pm
Tags: , , , ,

Thank berat buat Tuhan YME kalau gak saya gak bakalan tau hidup macam apa yang mereka punya. Jadi awalnya dikarena suatu hal saya sudah gak bisa kopdar mungkin Insya Allah sampai akhir bulan mei. Cuman dikarenakan saya dititipi gitar yang  harus dibawa keacara batagor akhirnya tanpa sengaja harus ikut juga. Oke mari kita lihat cerita mereka kaya apa

Tiba dilokasi SLB yang terletak dijalan Banjaran ini ternyata gak jauh dari kampus gua. Mohon maaf kepada teman sekampus gua yang harus berputar – putar ria di Bandung sebelum akhirnya kembali ketempat semula. Oke mengenai lokasi gua gak bisa nunjukin banyak karena gua juga bingung karena berputar – putar ria. Sementara kalau mau ke SLB ini lagi saya sarankan yang kebuah batu karena lebih deket dan saya tau lokasinya. Silakan telpon nomor sebelah kanan kalau mau mintak petunjuk jalannya.

Back to the topic. Jadi ternyata SLB ini ada golongannya yaitu A, B, C dan D. Golongan ini untuk menandakan kemampuan dari SLB tersebut dalam mengajar. Maksudnya mereka bisa mengajar anak LB yang bagaimana. Golongan A untuk tuna wicara, golongan B untuk tuli-bisu, golongan C untuk cacat mental, dan D untuk cacat tubuh. Nah jadi kalau ada SLB yang dinamanya ada ABC berarti hanya golongan LB tersebut sajalah yang dapat ditanangi oleh SLB tersebut.

pembacaan deklamasi

Overall pembelajaran mereka hampir sama dengan siswa pada umumnya. Bahkan satu SLB bisa menangani multi jenjang (TK, SD, SMP, SMA). Hanya saja metode pengajarannya berbeda hal ini karena dibutuhkan penanganan khusus bagi masing – masing siswanya. Yang saya salutkan adalah pengajarnya yang luarbiasa membuktikan bahwa masing – masing siswanya bisa dan mampu untuk berkembang dengan penanganan khusus. Anda bisa bayangkan bagaimana sulitnya mendiamkan anak autis ataupun hyperactive, bagaimana mengajarkan kepercayadirian kepada orang – orang yang lumpuh serta tidak dapat mendengar-berbicara. Dibutuhkan lebih dari sekedar ilmu namun juga kesabaran dan gak semua orang itu punya

Begitu kita datang saya disambut dengan pembacaan deklamasi oleh serang yang tuli-bisu. Serius hari ini saya gak bisa ketawa layaknya nonton sinetron yang pemerannya pura – pura tuli-bisu. Sebuah perjuangan keras untuk membaca 2-3 paragraf dari selembar kertas. Gak kaya sinetron yang pemerannya pengucapannya seperti dibisukan tapi penontonnya masih bisa mengerti apa yang diucapkannya, hampir saya sendiri dengan kemapuan dechiper saya gak mampu untuk menangkap maksudnya. Untuk ibu kepala sekolahnya salut berat dia bisa meterjemahkan apa yang diucapkan siswanya.

kerajinan yang dibuat mereka

Saya mendapatkan sedikit penjelasan antara autis dan hyperactive. Anak autis itu mereka dapat dilihat fokus pandangan mata mereka. Sekali mereka menatap yang mereka suka maka sukar untuk dialihkan. Luar biasanya dikatakan anak autis tidaklah bodoh tapi cenderung lebih pintar daripada umumnya. Bahkan seorang yang cukup punya pengaruh dinegara kita disinyalir memiliki autis ringan. Anak hyperactive berbeda dengan autis. Autis mungkin bisa hyperactive tapi tidak sebaliknya. Kalau ini bisa dilihat dari kelakuannya yang tidak bisa diam ditempat dan selalu ingin berjalan – jalan. Bisa bayangkan gimana caranya mendidik mereka.

Untuk dua “cacat” lainnya saya gak bisa banyak kasih penjelasan karena tadi tidak sempat berbicara dengan mereka. Kalau saja mereka disebut “cacat” kenapa para jenius disebut gifted. Ternyata sebenarnya keduanya merupakan hal – hal yang luar biasa yang ada disekeliling kita. Gak semua orang itu sama. Masih – masing punya kemapuannya serta kekurangannya. Tadi saya disajikan sebuah tontonan jaipongan (serius keren) dari seorang anak syndrome down (mutasi kromosom).

Saya bersyukur masih jadi seperti ini. Sekarang tinggal meningkatkan potensi yang ada. Hadoooohh merasa berdosa jadinya. Sudahkan anda bersyukur hari ini ?

Betewe buat sponsor Batagor terimakasih banyak yah. Dokumentasinya bisa dilihat FB😀. Makasih banyak buat temen – temen yang membantu acaranya.

FYI : gua baru tahu ternyata ke Kawah Putih itu lebih deket dari kampus gua. Weleh kemana aja gua dulu yah?

ps: segala bentuk photo yang ada di web ini harap jangan asal copas. hak cipta mungkin bukan saya yang pegang

15 Comments »

  1. duh, makasih laporannya cepet🙂 yang dari saya menyusul ya. thanks Bayu tadi ikutan. semoga setelah hari ini, TA nya tambah semangat🙂

    Comment by Shasya Pashatama — April 18, 2009 @ 11:59 pm | Reply

  2. Neng yg baca puisi, bener2 pejuang tangguh. salut bgt ama dia.

    Comment by gejolak kawula muda — April 19, 2009 @ 2:16 am | Reply

  3. Semoga kita semua semakin pandai bersukur.
    Trims buat semua yg sudah ikutan datang, bantu do’a dan donasi..

    Comment by Aki — April 19, 2009 @ 7:47 am | Reply

  4. wah salut.. salut.. tapi gw ga ikutan😦😦

    Comment by emfajar — April 19, 2009 @ 11:14 am | Reply

  5. Luar biasa.. semoga aku bisa cepat-cepat pindah tempat dan lebih dekat ke Bandung, jadi bisa lebih sering ikutan aktivitas Batagor.. hehehe.. Amiin..

    Comment by Iwan Susanto — April 19, 2009 @ 2:37 pm | Reply

  6. […] Ceritanya ada disini, […]

    Pingback by Bandung Kota Blogger » Angklung, buku, gitar dan keyboard untuk SLB-A/B/C BANJARAN — April 19, 2009 @ 3:02 pm | Reply

  7. berarti kemaren kopdar terakhir lu bay, sebelum hiatus kopdar

    Comment by chatoer — April 19, 2009 @ 3:17 pm | Reply

  8. wow.. pengalaman berharga tuh bay. Bener, kita kudu banyak2 besukur

    Comment by piqs — April 20, 2009 @ 7:32 pm | Reply

  9. wah, ini SLB di mana yah?
    waktu itu saya juga ke SLB-G yang di daerah Bale Endah..
    jauh banget dari UNISBA, hehehe😀

    Comment by liaa — June 17, 2009 @ 3:47 pm | Reply

  10. saya baru tau itu cacat golongan A, B, C, dan D yang berikuti :
    A : tuna wicara artinya pake bicara lebih senior seperti normal hampir>
    B : tuna tuli/bisu artinya selalu bicara sedikit tapi gak jelas suara kurang sekali>
    C : tuna mental artinya kadang2 gak pake bicara kurang bgt lebih baik pake tangan isyarat biar mengerti isyarat>
    D : tuna tubuh artiny lebih hidup itu anak2 cacat yang akan belajar bahasa isyarat semoga bisa isyarat n bicara amin.

    Comment by galih surya pratama — May 29, 2010 @ 10:35 pm | Reply

  11. Kk tau tempat SLB yg gratis didaerah jakarta gak krn tetangga aku anaknya idiot tapi bapaknya tukang ojek

    Comment by ana — October 16, 2010 @ 11:11 pm | Reply

  12. anak berkebuthn khusus hebat…
    selain foto kegiatan punya rpp,silabus karakter khusus SDLB
    klau d tlg ksh kbr ya..no.081260010852 tlg ya klau d…dr SDLB Negeri 167713 Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara

    Comment by rifqial — February 8, 2012 @ 10:34 pm | Reply

  13. fotonya bikin iri deh , mao dong brtmu lngsng dngn ank” ABK nya langsung…

    Comment by cory — March 26, 2012 @ 9:55 pm | Reply

  14. ??????

    Comment by jamal — October 4, 2015 @ 11:18 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: