Bayu Hebat™

May 11, 2009

Final Imagine Cup 2009 – Steve Ballmer dateng ke Indonesia

Filed under: Event — Bayu Tabusalla @ 9:48 pm
Tags: ,

Ah beruntung saya bisa tau teknologi yang namanya handphone dan facebook. Singkat cerita karena kedua hal tersebut 6 jam sebelum keberangkatan tim pendukung Imagine Cup IT Telkom saya bisa dateng keacaranya. This is a wonderfull day karena acaranya banyak menyimpan kejutan. Yang gak tahan adalah kejutan ketika Steve Ballmer dateng untuk mengumumkan pemenangnya. WOW CEO microsoft dateng walaupun untuk sejam saja.

Acaranya sendiri diadakan di Hotel Shangri~La Jakarta. Keren euy ini kali kedua saya dateng ke Hotel terbaik Jakarta versi saya tentunya. Untuk acaranya yang finalisnya semua dari Bandung ini sangat lucu karena acaranya di adakan di Jakarta. Ternyata acaranya diadakan berbarengan dengan covention developer microsoftnya makanya gak mungkin diadakan di Bandung. Tapi untuk hal ini worth it lah karena gak ada hotel Bandung yang punya ballroom sebesar Shangri~La.

Ada dua hal yang menarik yang dipresentasikan oleh peserta. Yang pertama tentu saja dari pemenang utamanya tim Big Bang dan yang kedua dari Tim Kabayan.

Tim Kabayan sendiri membawakan presentasi tentang securing food storage access. Kerennya adalah mereka menggunakan teknologi touchscreen untuk server pusatnya dan presentasi datanya sangat interaktif. Seluruh data ditampilkan dalam peta Indonesia dan mereka menggunakan data asli. Sayangnya kalau menurut saya hal ini masih belum bisa di implementasikan di Indonesia karena keterbatasan perangkat. Contoh saja layanan video streaming untuk melihat tingkat kemacetan pada suatu jalan yang digunakan untuk mengirimkan barang dari gudang menuju konsumen.

Tim Big Ban sebetulnya dari presentasi memang sudah terlihat bahwa mereka layak menang. Mereka mempersiapkan segala sesuatunya sampai ketingkat perhitangan dana yang dibutuhkan sehingga mempermudah saya untuk melihat apakah ini bisa diimplementasikan secara langsung. Ada dua faktor unggulan dari program mereka. Ngomong – ngomong mereka bikin program untuk diagnosa malaria loh. Faktor pertama yang paling disukai oleh peserta yang datang adalah Marchelina (saya gak tau nulisnya). Marchelina adalah sebuah program interaktif voice recognation yang digunakan untuk memprediksi penyakit malaria pada seseorang. Menggunakan algoritma ANN, kalau menurut saya sich pake fuzzy logic, dengan sistem tanya jawab. Yang kedua adalah mikroskop buatan mereka sendiri yang menggunakan handphone sebagai monitornya (ini merupakan inovasi yang luar biasa) .

Ballmer rocks

Pada pengumuman pemenang yang tidak diduga adalah Steve Ballmer datang ke Indonesia. Sayangnya dia sepertinya hanya numpang lewat saja padahal saya pengen mendengar dia presentasi lebih lama lagi. Aura dari seorang Steve Ballmer sangat kerasa. Bener – bener seorang CEO kelas dunia. Dibandingkan dengan Gates, Ballmer memiliki daya presentasi yang jauh diatasnya dan bener – benar menghibur. Bahasa inggris yang dikeluarkan sangat jelas sekali dan saya bisa mentranslatenya dengan baik

Wah kapan yah Ballmer datang ke Indonesia lagi. Ada yang mau bantu saya untuk bertemu dia lagi? Mau nanya dan belajar lebih banyak😀

ps: kalau ada yang tidak berkenan terhadap photo – photo diatas silakan PM saya😀

19 Comments »

  1. Seru dong Kang ya..

    Comment by Aki — May 12, 2009 @ 2:56 pm | Reply

  2. Kerenn..🙂

    Comment by Anis — May 12, 2009 @ 3:37 pm | Reply

  3. Halo, salam kenal, saya dominikus, kebetulan saya yang membuat itu Marselina (ini tulisan yang benar, hehe). Btw, yang menggunakan ANN itu yang Blood Smear Rcognitionnya, kalo Marselina memakai forward chaining biasa. Cheers.

    Comment by dominikus — May 12, 2009 @ 5:41 pm | Reply

  4. asyik banget mas acaranya tapis ayangnya urutan pemenangnya mana…saya penasaran juga jadinya

    Comment by Omiyan — May 14, 2009 @ 10:42 am | Reply

  5. waduh, kapan lagi ya saya bisa menang dengan hadiah segitu gedhe!?

    Comment by Bang Aswi — May 14, 2009 @ 2:14 pm | Reply

  6. Kok Ndak Kopdar sama Saayah, Yuuu….

    Comment by mbelGedez™ — May 14, 2009 @ 8:41 pm | Reply

  7. wah, kok kak bayu bisa ikut sih *ngiri*
    dapet jg ya touchscreennya, hampir sminggu sblm brgkt bu novi blg blm dpt… keren lah
    ANN=JST, beda ah ma fuzzy
    ANN, artificial neural network (diindonesiakeun jd jaringan syaraf tiruan)

    owww, bu novi smgt nyari mhsw yg mw implement TA pk noise recognition krn liat Big Bang kekna nih…

    keren lah, smoga tim Indonesia menang d Mesir ntar😉

    Comment by asri — May 15, 2009 @ 2:15 pm | Reply

  8. kak bayu..
    kak bayuuu…..
    kaaak baayuuuuu………
    manggil doang

    Comment by Syauqi — May 15, 2009 @ 11:16 pm | Reply

  9. wah sayang di Medan ni, kalo dekat pasti ikutan ngeliat

    Comment by reallylife — May 17, 2009 @ 3:17 pm | Reply

  10. bayuhebat memang hebat bisa bertemu orang hebat, kapan ya saya bisa hebat dan bertemu bayuhebat. dari bandung ke jakarta nih, gak mampir ke tangerang sekalian bro?

    Comment by antown — May 20, 2009 @ 8:00 pm | Reply

  11. curang lu bay, nggak ngajak2 gue😦

    Comment by Rulez — May 21, 2009 @ 7:20 am | Reply

  12. wew
    seru bangt ya
    acaranya🙂

    Comment by Rusa Bawean™ — May 25, 2009 @ 11:35 am | Reply

  13. trs klo datang kenapa..????
    apa istimewanya..????

    Comment by escoret — May 30, 2009 @ 12:45 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

