Bayu Hebat™

June 26, 2009

Transformers "Revenge of The Fallen"

Filed under: Tontonan — Bayu Tabusalla @ 7:52 am
Tags: ,

Ok mempersingkat review dimana saya gak boleh spoiller maka saya secara general aja.

Pertama saya benci ceritanya standar banget dah. Jagoan kalah dulu (walau yang ini kalah parah banget) terus menang. Yang paling saya gak suka adalah Big Bossnya mati dengan mudahnya. Gila apa kekuatan udah kaya entah apa tau udah jamin menang lah tuh penjahat, eh matinya cuman gara – gara dipukul. Lagi pula nich pelem gak mencerminkan “Revenge of The Fallennya”. Udah lah banyak yang bisa ditanyain kalau soal cerita. Terus mana tuh “satria langit” udah gede bagong juga gak turun – turun kerjaannya nangkringin satelit. Overall saya suka jokenya dan pisuh memisuhnya.

Yang disuguhin dari acara Transformer ini ada sebuah efek kelas atas lah. Detailnya gak karuan OK nya. Bener – bener detail sampe saya bisa bayangin tinggi dari Optimus Primenya. Yang dikagetkan adalah diawal film kita disuguhin sama robot yang gedenya udah melebihin Optimus. Gila dan ternyata bukan yang paling besar. Ketika berubahnya juga halus detail – perdetailnya dilihatin.

Sekian reviewnya :))

Diluar cerita review diatas cuman pengen share pengalaman nonton transformer waktu kecil. Jadi yang namanya Devestator seingat otak saya itu bukan satu – satunya Decepticons yang berubah dari banyak mobil. Kalau gak salah ada satu lagi yang berubah dari dua buah mobil yang dimana saya lupa namanya. Masing – masing part dari Devestator itu sendiri bisa berubah menjadi sebuah robot. Sayangnya Devestator disini sangat mudah untuk dikalahkan

Megatron gak bakalan mati pada transformers yang masih berubah menjadi mobil dan pesawat ini (kok gak ada perahu ya padahal berharap loh gua). Soalnya abis ini dilanjutin ke series selanjutnya dimana semua Transformers berubah menjadi makhluk hidup. Kebalikan dari Megatron pada series ini Optimus amat sangat raksasa dan satu – satunya yang gak bisa berubah kedalam bentuk binatang (Megatron standar ke bentuk full armor). Eh bentuk terakhir dari Megatron adalah sebuah naga yang besarnya sama seperti Optimus. Di seri ini ada kemungkinan upgrade kekuatan dari para Transformer kebentuk yang lebih uedun.

Seri terakhir itu Transformersnya setengah hewan dan mobil. Disini Megatron berkuasa dengan amat sangat sangar. Optimus pokoknya gak berkutik sampe harus bergriliya. Parahnya Megatron menghidupkan kembali tubuh super raksasanya Optimus yang membuatnya menjadi unbeateable. Ini seri terakhir dan akhirnya dunia aman sentosa dengan kematian Optimus (Optimus beneran mati).

Perpindahan antara serinya saya sendiri gak tau kenapa bisa kejadiannya kaya begono soalnya gak nonton awalnya serta akhirnya. Biasalah TV Indonesia buruk banget penjadwalannya. Di dua seri terakhir gak ada lagi manusia cuman ada Genk Megatron melawan Optimus

Sekian ingatan saya. Ada yang mau betulin atau nambahin atau nyalahin ?

June 22, 2009

Skema Ponzi, MLM, dan Kaya Cepat

Filed under: Bisnis dan Investasi — Bayu Tabusalla @ 10:30 pm
Tags: , , ,

Ada yang tau skema ponzi? bagi yang gak tau silakan cek di mbak wiki

Sejarah


Skema Ponzi sudah berlangsung dari abad ke 19. Charles Ponzi adalah seorang penipu ulung. Pada awal kariernya dia menemukan sebuah skema dimana dia bisa mendapatkan uang banyak dengan menjual postal reply coupons (PRC). PRC merupakan benda mirip perangko sebagai penganti biaya airmail. Dia menemukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat jauh antar harga PRC satu negara dengan negara lainnya. Melihat peluang tersebut Ponzi mendapat ide untuk membangun usaha dimana ia menjanjikan membayar bunga 50% pada 45 hari dan 100% pada 90 hari. Sebuah keuntungan yang spektakuler dimana investor terbesar sepanjang masa (Buffet) hanya biasa mendapatkan 25% dalam setahun.

Kepalsuan skema ini terungkap takala jumlah uang yang ditampung oleh Ponzi tidak sesuai dengan jumla PRC yang beredar. Dikatakan bahwa PRC sendiri tidak dapat dibeli dalam jumlah banyak. Skema ini terus berjalan dengan mulus dan Ponzi membayar para investornya dengan uang baru (baru masuk investasi). Selama para investor tidak menarik uangnya secara besar – besaran maka skema ponzi ini akan terus berjalan. Tentu saja dengan hutang yang terus menumpuk.

Kalau sekarang ini skema ponzi mungkin lebih dikenal dengan HYIP (High Yield Investment Program). Intinya menjanjikan keuntungan besar dalam waktu sesingkat – singkatnya. Kalau dalam dunia nyata menghasil keuntungan 100 bahkan 200 persen adalah hal yang mungkin. Hanya saja hal ini gak bisa berlaku jika saja perusahaan tersebut makin berkembang. Semakin besar sebuah perusahaan maka semakin kecil pertumbuhannya. Jika dicontohkan negara sebagai sebuah perusahaan maka angka pertumbuhan ekonomi 10% pertahun akan terlihat muluk dimata ekonom.

Skema Piramida + MLM


Ok sekarang skema ponzi mungkin gak telihat cuman kalau mau lihat sejarahnya cek disini. Kalau menurut saya bahkan berkembang dan berubah bentuk. Kalau diibaratkan skema ponzi itu kaya nasi sudah menjadi bubur, maka sekarang para pelakunya merubah menjadi bubur spesial. Entah itu dirubah, ditambah, atau disulap pokoknya berubah menjadi baru dengan ide dasar yang sama NIPU ORANG.

Contoh bentuk baru skema ponzi adalah skema piramida. Bisa dilihat digambar atas kalau saja tiap – tiap orang butuh rekruitasi 6 orang maka cukup 13 kedalaman maka kiamat sudah ekonomi dunia (itu pun kalau seluruh dunia kalap ama sistem ini). bagai mana kalau 4 maka butuh 17 kedaleman buat bikin ekonomi kiamat. Oh ya jangan lupa manusia punya sifat serakah kalau liat duit gede terus kalap deh, jadi saya rasa 1 orang mau ngerekrut 4-10 orang? Saya rasa lebih.

Terus Bay apa aja yang pake model piramid atau ponzi. Banyak saudara – saudara. Mulai dari arisan berantai, Transfer duit ke mbahnya orang, sampe (ehm) MLM. Oh ya model bisnis mau itu nyebutnya matahari atau piramid pokoknya sama aja. Orang terakhir gak kebagian.Ada yang bilang bahwa pertumbuhan sebuah MLM masih lebih kecil dibanding pertumbuhan jumlah penduduk. Yakin?

Fakta

Nich saya kasih tau kata mbak wiki tahun ini dunia ada (kurang dikit) 7 Milliar penduduk. Prediksinya tahun 2050 ada 9 milliar naek 2 milliar lah atau 28% (itu pun kalau situh rajin bikin anak plus 2012 gak jadi kiamat :)) ). Negara kita katanya punya 230 Juta jadi tahun 2050 kira – kira jadi 300 Juta lah. Wuih kalau orang MLM pasti liat peluang nich.

Mari kita lihat pertumbuhan (dari seminarnya langsung) salah satu MLM . Dibilang punya anggota 2 Juta (2008 kemaren) dengan rata – rata pertumbuhan 25 rebu orang satu bulan. itu berarti 1,25%/bulan alias 15% pertahun. kalau diitung manual berarti sampe 2050 (40 tahun lagi) itu 600 % (buset mananya yang lebih kecil?) udah gitu itu masih kasar kalau compounding bisa lebih gila lagi. Kalau gak salah itung berarti ada 12 Juta member waktu itu.

Masih banyak banyak yang bisa direkrut? ya mungkin. tapi tau kah anda arti 1,25%? berarti hanya ada 12-13 orang masuk berbanding 1000 anggota. Oh ya anda berebutan prospek dengan 999 orang teman anda dalam sebulan!! Berapa lama anda bertahan? plus kalau ada belanja bulanan heeee…. selamat menikmati hidup lah.

Pernahkan berpikir berapa sih harga 10.000 rupiah yang saya keluarkan untuk bisnis MLM. Seandainya MLM tersebut mengeluarkan hasil penjualan sebesar 50% margin maka 10.000 rupiah anda gak lebih dari 5.000 rupiah. Behh anda bayar mahalll sodara – sodara. Dan lagi pula anda itu dibayar dari member yang melakukan belanja yang tentu saja berada dibawah anda yang sama aja dengan duit orang yang baru pada skema ponzi ataupun piramid.

Last but not least

Kalau ada yang nawar – nawarin mintak slip bonusnya 3 bulan berturut – turut dan bukan rekeningnya dia. Alasannya rekening bisa dimanipulasi kalau slip bonus kemungkinan besar gak bisa.

Perusahaan MLM emang dahsyat. merekrut sales yang membela mati – matian perusahaannya padahal cuman seorang sales lepas tanpa jaminan apapun

Best regard


anak kemaren sore belajar bisnis

June 13, 2009

are you smarter than 5th grader?

Filed under: Others — Bayu Tabusalla @ 4:51 pm
Tags: ,

Ada yang pernah nonton quiz ini ? gua yakin banyak lah yang dah nonton. Jujur aja ternyata dunia perfilman Indonesia gak seburuk yang gua duga. Yah walaupun masih banyak quiz atau acara yang berseliweran di TV nyolong ide dari luar tapi untuk beberapa hal yang menarik dan bagus gua sich setujuh – setujuh aja. Jangan sampe cuman ide sinetron aja yang dicolong udah gitu begitu masuk dan dibuat se-Indonesia mungkin jadi gak menarik.

Ah biarkan sinetron kepada yang ahlinya. Jadi quiz ini idenya adalah menantang anda dengan pertanyaan anak – anak SD dari kelas satu hingga kelas 5. Dulu saya pikir kalau saya balik lagi SD dijamin lah dapet nilai 10 dirapotnya saya. Sejak nonton ini saya jadi mikir ulang buat balik lagi ke SD. Dan dibanding saya balik lagi ke SD mening saya ikutan quiz ini selain nostalgia waktu lagi jadi anak lucu imut dan gemesin saya bisa dapet duit juga 😀 .

Dalam quiz ini pemain bukan akan melawan anak SD kelas 5 melainkan akan didampingi oleh mereka dalam menjawab soal – soal yang diberikan. Pemain akan diberikan beberapa pilihan bantuan dimana nanti pasti akan melibatkan pendamping anda. Seorang anak hanya diperbolehkan bermain dalam 2 pertanyaan yang untuk selanjutnya diganti dengan anak – anak yang lain. Menariknya disini pilihan bantuan bukan hanya akan membantu anda tetapi juga akan sedikit mempermalukan diri pemain karena diahruskan untuk bertanya kepada anak SD yang notabenenya kalau egonya tinggi pasti memiliki ilmu dibawah mereka

Pilihan bantuannya adalah salin, intip, dan aman. Kalau salin berarti pemain akan mengikuti apapun jawaban yang diberikan oleh rekan SDnya. Intip berarti pemain diperbolehkan mengintip jawaban rekan SDnya bedanya dengan salin pilihan ini memperbolehkan pemain untuk mengikutinya atau tidak. Pilihan terakhir ini otomatis jika pemain menajawab salah tetapi rekannya menjawab benar maka akan langsung terpakai untuk menyelamatkan diri pemain.

Oke berikut sedikit pertanyaan yang saya ingat. Berkisar antara matematika anak SD yang penuh jebakan (contoh pertanyaan dalam cm jawaban dalam km), sejarah (dimana saya gak terlalu nasionalis), Geografi (ibukota atau petabuta dimana saya buta beneran soal ini), dll (dan lupa lagi).

so are you smarter than 5th grader?

PS : Mau lebih lengkap silakan ke mbak wiki

quiz di pebuk

coba ikuti quiz ini dulu sebelum ikut yang beneran