Bayu Hebat™

August 19, 2009

Cara mengetahui sifat seseorang

Filed under: Berbagi Pikiran — Bayu Tabusalla @ 10:41 am

beh saya vakum gak ngeblog brapa lama yah? what the heck lah mari kita mosting lagi kali ini sepertinya bakalan rutin ngeblognya. Mari dimulai dengan postingan ringan – ringan tai ayam.

Jadi begini sodara -sodara, walaupun belum ada hubungan darah maka dari itu hubungkan saja. Saya inget kejadian dahulu dimana seseorang melakukan kegiatan terlaknak untuk mengetahui sifat dari seseorang. Jadi ada beberapa cara untuk mengetahui sifat seseorang itu tapi dibandingkan cara rumit dan belum tentu benar cara ini yang paling saya anjurkan karena murah dan cepat untuk melihat hasilnya.

Oke jadi yang bakalan kita lihat adalah sifat asli dari seseorang. Biasanya kalau seseorang itu terkagetkan maka yang muncul kepermukaan itu adalah sifat aslinya. Mungkin yang biasanya anteng tiba – tiba mengeluarkan jurus ilmu silat yang ntah dari mana munculnya atau bisa jadi yang tadinya gahar maka akan berteriak dengan kemayunya. Lah kalau urusan kaget – mengkagetkan banyak hal yang pasti membuatnya gagal maka dari itu sebuah ilmu turun menurun digunakan untuk melakukan kekacauan luar biasa demi mengetahui sifat asli orang tersebut.

Yang anda perlukan adalah sebuah jepitan jemuran dan orang yang akan anda kagetkan. Yups kalau anda gak punya jepitan jemuran mintak sama yang lagi jemur pakean minimal dia punya lah satu. Lakukan aksi ini ketika anda berdiri dibelakang korban. Jepitlah dengan kecepatan tinggi telinga teman kalian pada bagian yang paling sensitif. Reaksi yang keluar serta nama – nama binatang atau sebuah panjatan doa itulah yang menetukan sifat asli dari orang tersebut.

nah ada yang punya cara lebih baik?

ps: diulangi sekali lagi kalau tidak percaya bahwa itu sifat aslinya, hal ini dikarenakan begitu menerima impuls jepitan maka reaksi teriak dan sakit menjadi bagian otak bawah sadar yang merupakan akumulasi kelakuannya.

pss: ada yang tau template bagus? *mau ganti nich

Advertisements

June 22, 2009

Skema Ponzi, MLM, dan Kaya Cepat

Filed under: Bisnis dan Investasi — Bayu Tabusalla @ 10:30 pm
Tags: , , ,

Ada yang tau skema ponzi? bagi yang gak tau silakan cek di mbak wiki

Sejarah


Skema Ponzi sudah berlangsung dari abad ke 19. Charles Ponzi adalah seorang penipu ulung. Pada awal kariernya dia menemukan sebuah skema dimana dia bisa mendapatkan uang banyak dengan menjual postal reply coupons (PRC). PRC merupakan benda mirip perangko sebagai penganti biaya airmail. Dia menemukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat jauh antar harga PRC satu negara dengan negara lainnya. Melihat peluang tersebut Ponzi mendapat ide untuk membangun usaha dimana ia menjanjikan membayar bunga 50% pada 45 hari dan 100% pada 90 hari. Sebuah keuntungan yang spektakuler dimana investor terbesar sepanjang masa (Buffet) hanya biasa mendapatkan 25% dalam setahun.

Kepalsuan skema ini terungkap takala jumlah uang yang ditampung oleh Ponzi tidak sesuai dengan jumla PRC yang beredar. Dikatakan bahwa PRC sendiri tidak dapat dibeli dalam jumlah banyak. Skema ini terus berjalan dengan mulus dan Ponzi membayar para investornya dengan uang baru (baru masuk investasi). Selama para investor tidak menarik uangnya secara besar – besaran maka skema ponzi ini akan terus berjalan. Tentu saja dengan hutang yang terus menumpuk.

Kalau sekarang ini skema ponzi mungkin lebih dikenal dengan HYIP (High Yield Investment Program). Intinya menjanjikan keuntungan besar dalam waktu sesingkat – singkatnya. Kalau dalam dunia nyata menghasil keuntungan 100 bahkan 200 persen adalah hal yang mungkin. Hanya saja hal ini gak bisa berlaku jika saja perusahaan tersebut makin berkembang. Semakin besar sebuah perusahaan maka semakin kecil pertumbuhannya. Jika dicontohkan negara sebagai sebuah perusahaan maka angka pertumbuhan ekonomi 10% pertahun akan terlihat muluk dimata ekonom.

Skema Piramida + MLM


Ok sekarang skema ponzi mungkin gak telihat cuman kalau mau lihat sejarahnya cek disini. Kalau menurut saya bahkan berkembang dan berubah bentuk. Kalau diibaratkan skema ponzi itu kaya nasi sudah menjadi bubur, maka sekarang para pelakunya merubah menjadi bubur spesial. Entah itu dirubah, ditambah, atau disulap pokoknya berubah menjadi baru dengan ide dasar yang sama NIPU ORANG.

Contoh bentuk baru skema ponzi adalah skema piramida. Bisa dilihat digambar atas kalau saja tiap – tiap orang butuh rekruitasi 6 orang maka cukup 13 kedalaman maka kiamat sudah ekonomi dunia (itu pun kalau seluruh dunia kalap ama sistem ini). bagai mana kalau 4 maka butuh 17 kedaleman buat bikin ekonomi kiamat. Oh ya jangan lupa manusia punya sifat serakah kalau liat duit gede terus kalap deh, jadi saya rasa 1 orang mau ngerekrut 4-10 orang? Saya rasa lebih.

Terus Bay apa aja yang pake model piramid atau ponzi. Banyak saudara – saudara. Mulai dari arisan berantai, Transfer duit ke mbahnya orang, sampe (ehm) MLM. Oh ya model bisnis mau itu nyebutnya matahari atau piramid pokoknya sama aja. Orang terakhir gak kebagian.Ada yang bilang bahwa pertumbuhan sebuah MLM masih lebih kecil dibanding pertumbuhan jumlah penduduk. Yakin?

Fakta

Nich saya kasih tau kata mbak wiki tahun ini dunia ada (kurang dikit) 7 Milliar penduduk. Prediksinya tahun 2050 ada 9 milliar naek 2 milliar lah atau 28% (itu pun kalau situh rajin bikin anak plus 2012 gak jadi kiamat :)) ). Negara kita katanya punya 230 Juta jadi tahun 2050 kira – kira jadi 300 Juta lah. Wuih kalau orang MLM pasti liat peluang nich.

Mari kita lihat pertumbuhan (dari seminarnya langsung) salah satu MLM . Dibilang punya anggota 2 Juta (2008 kemaren) dengan rata – rata pertumbuhan 25 rebu orang satu bulan. itu berarti 1,25%/bulan alias 15% pertahun. kalau diitung manual berarti sampe 2050 (40 tahun lagi) itu 600 % (buset mananya yang lebih kecil?) udah gitu itu masih kasar kalau compounding bisa lebih gila lagi. Kalau gak salah itung berarti ada 12 Juta member waktu itu.

Masih banyak banyak yang bisa direkrut? ya mungkin. tapi tau kah anda arti 1,25%? berarti hanya ada 12-13 orang masuk berbanding 1000 anggota. Oh ya anda berebutan prospek dengan 999 orang teman anda dalam sebulan!! Berapa lama anda bertahan? plus kalau ada belanja bulanan heeee…. selamat menikmati hidup lah.

Pernahkan berpikir berapa sih harga 10.000 rupiah yang saya keluarkan untuk bisnis MLM. Seandainya MLM tersebut mengeluarkan hasil penjualan sebesar 50% margin maka 10.000 rupiah anda gak lebih dari 5.000 rupiah. Behh anda bayar mahalll sodara – sodara. Dan lagi pula anda itu dibayar dari member yang melakukan belanja yang tentu saja berada dibawah anda yang sama aja dengan duit orang yang baru pada skema ponzi ataupun piramid.

Last but not least

Kalau ada yang nawar – nawarin mintak slip bonusnya 3 bulan berturut – turut dan bukan rekeningnya dia. Alasannya rekening bisa dimanipulasi kalau slip bonus kemungkinan besar gak bisa.

Perusahaan MLM emang dahsyat. merekrut sales yang membela mati – matian perusahaannya padahal cuman seorang sales lepas tanpa jaminan apapun

Best regard


anak kemaren sore belajar bisnis

April 18, 2009

SLB – Tuna Runggu, Tuna Wicara, Terbelakang Mental, Cacat Tubuh

Filed under: Berbagi Pikiran,Cerita — Bayu Tabusalla @ 11:24 pm
Tags: , , , ,

Thank berat buat Tuhan YME kalau gak saya gak bakalan tau hidup macam apa yang mereka punya. Jadi awalnya dikarena suatu hal saya sudah gak bisa kopdar mungkin Insya Allah sampai akhir bulan mei. Cuman dikarenakan saya dititipi gitar yang  harus dibawa keacara batagor akhirnya tanpa sengaja harus ikut juga. Oke mari kita lihat cerita mereka kaya apa

Tiba dilokasi SLB yang terletak dijalan Banjaran ini ternyata gak jauh dari kampus gua. Mohon maaf kepada teman sekampus gua yang harus berputar – putar ria di Bandung sebelum akhirnya kembali ketempat semula. Oke mengenai lokasi gua gak bisa nunjukin banyak karena gua juga bingung karena berputar – putar ria. Sementara kalau mau ke SLB ini lagi saya sarankan yang kebuah batu karena lebih deket dan saya tau lokasinya. Silakan telpon nomor sebelah kanan kalau mau mintak petunjuk jalannya.

Back to the topic. Jadi ternyata SLB ini ada golongannya yaitu A, B, C dan D. Golongan ini untuk menandakan kemampuan dari SLB tersebut dalam mengajar. Maksudnya mereka bisa mengajar anak LB yang bagaimana. Golongan A untuk tuna wicara, golongan B untuk tuli-bisu, golongan C untuk cacat mental, dan D untuk cacat tubuh. Nah jadi kalau ada SLB yang dinamanya ada ABC berarti hanya golongan LB tersebut sajalah yang dapat ditanangi oleh SLB tersebut.

pembacaan deklamasi

Overall pembelajaran mereka hampir sama dengan siswa pada umumnya. Bahkan satu SLB bisa menangani multi jenjang (TK, SD, SMP, SMA). Hanya saja metode pengajarannya berbeda hal ini karena dibutuhkan penanganan khusus bagi masing – masing siswanya. Yang saya salutkan adalah pengajarnya yang luarbiasa membuktikan bahwa masing – masing siswanya bisa dan mampu untuk berkembang dengan penanganan khusus. Anda bisa bayangkan bagaimana sulitnya mendiamkan anak autis ataupun hyperactive, bagaimana mengajarkan kepercayadirian kepada orang – orang yang lumpuh serta tidak dapat mendengar-berbicara. Dibutuhkan lebih dari sekedar ilmu namun juga kesabaran dan gak semua orang itu punya

Begitu kita datang saya disambut dengan pembacaan deklamasi oleh serang yang tuli-bisu. Serius hari ini saya gak bisa ketawa layaknya nonton sinetron yang pemerannya pura – pura tuli-bisu. Sebuah perjuangan keras untuk membaca 2-3 paragraf dari selembar kertas. Gak kaya sinetron yang pemerannya pengucapannya seperti dibisukan tapi penontonnya masih bisa mengerti apa yang diucapkannya, hampir saya sendiri dengan kemapuan dechiper saya gak mampu untuk menangkap maksudnya. Untuk ibu kepala sekolahnya salut berat dia bisa meterjemahkan apa yang diucapkan siswanya.

kerajinan yang dibuat mereka

Saya mendapatkan sedikit penjelasan antara autis dan hyperactive. Anak autis itu mereka dapat dilihat fokus pandangan mata mereka. Sekali mereka menatap yang mereka suka maka sukar untuk dialihkan. Luar biasanya dikatakan anak autis tidaklah bodoh tapi cenderung lebih pintar daripada umumnya. Bahkan seorang yang cukup punya pengaruh dinegara kita disinyalir memiliki autis ringan. Anak hyperactive berbeda dengan autis. Autis mungkin bisa hyperactive tapi tidak sebaliknya. Kalau ini bisa dilihat dari kelakuannya yang tidak bisa diam ditempat dan selalu ingin berjalan – jalan. Bisa bayangkan gimana caranya mendidik mereka.

Untuk dua “cacat” lainnya saya gak bisa banyak kasih penjelasan karena tadi tidak sempat berbicara dengan mereka. Kalau saja mereka disebut “cacat” kenapa para jenius disebut gifted. Ternyata sebenarnya keduanya merupakan hal – hal yang luar biasa yang ada disekeliling kita. Gak semua orang itu sama. Masih – masing punya kemapuannya serta kekurangannya. Tadi saya disajikan sebuah tontonan jaipongan (serius keren) dari seorang anak syndrome down (mutasi kromosom).

Saya bersyukur masih jadi seperti ini. Sekarang tinggal meningkatkan potensi yang ada. Hadoooohh merasa berdosa jadinya. Sudahkan anda bersyukur hari ini ?

Betewe buat sponsor Batagor terimakasih banyak yah. Dokumentasinya bisa dilihat FB :D. Makasih banyak buat temen – temen yang membantu acaranya.

FYI : gua baru tahu ternyata ke Kawah Putih itu lebih deket dari kampus gua. Weleh kemana aja gua dulu yah?

ps: segala bentuk photo yang ada di web ini harap jangan asal copas. hak cipta mungkin bukan saya yang pegang

April 15, 2009

Mengambil keuntungan pada sistem ekonomi yang kacau

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sistem ekonomi dunia dikuasai oleh bebera orang. Sekedar informasi di link tersebut sudah diupdate jadi temen  – temen yang saya sarankan untuk menonton zeitgeist tapi gak bisa sekarang dapat mendownload ebook sebagai bahan referensinya.

ada beberapa hal yang disarankan dalam bukunya agar terhindar dari sistem ekonomi yang carut marut. Salah satunya adalah dengan cara mengamankan nilai dari uang tersebut dengan emas. Maksudnya adalah dari pada kita berinvestasi pada hal yang tidak dapat dimengerti maupun dengan menabung pada bank akan lebih resonable jika kita mengamankan uang pada emas. Hal ini dikarenakan pada periode tertentu pada pergerakan saham tingkat harga emas berbanding dengan nilai saham selalu berbanding kembali kepada 1:1. Permasalah yang timbul jika kita berinvestasi terhadap saham adalah pergerakan saham yang amat sangat cepat membuat kita sulit untuk memprediksikan keuangan kita sendiri berbanding dengan pergerakan harga emas yang relatif stabil. Rasio 1:1 ini merupakan perbandingan harga emas global terhadap harga saham gabungan di Amerika (waduh lupa yang mana)

Sama sepertinya bisnis lainnya semakin berisiko maka akan semakin menguntungkan. Yang kita perlukan adalah analisa resiko sehingga resiko tersebut menjadi sangat rendah kalau bisa hilang sehingga keuntungan bisa tetap kita dapat. Seperti pada perbandingan antara emas dan saham (P1), perbandingan antara saham terhadap nilai perusahaannya (P2) cenderung sama. Beda antara kedua perbandingan tersebut, pada P2 rasionya sangat akan jarang menyentuh 1:1 ataupun dibawahnya (nilai saham lebih rendah dibanding dengan nilai perusahaannya). Investor nilai kelas dunia, Warren Buffett sendiri membatasi bahwa 1:21 merupakan rasio yang pantas untuk “memperawani” sebuah perusahaan. Sedangkan pada saham di Indonesia rasio 1:21 menjadi sangat mahal karena banyak sekali perusahaan kelas kakap Indonesia yang memiliki rasio 1:12. Untuk lebih jauh mengenai rasio saham terhadap nilai perusahaannya silakan membaca “Intelligent Investor” .

Kalau kita mempunyai dua perbandingan maka diharapkan kita bisa mengambil keuntungannya. Jika saya bisa meminjam istilah undervalue yang berarti harga saham lebih rendah dibandingkan dengan harga perusahaan yang bersangkutan, maka rasio dimana harga emas lebih tinggi dibandingkan harga saham gabungan maupun per perusahaan bisa disebut undervalue. Logika yang bisa diambil adalah seandainya bisa kita dapatkan undervalue pada P1 dan P2, pada saat itulah kita melakukan investasi pada saham. Mengapa pada saham karena kita berinvestasi untuk mengambil keuntungan sedangkan pada emas untuk mempertahankan nilai mata uang. Kasarnya cari uang pada investasi dan menabung pada emas.

Yang diatas bisa saya katakan hanya basic sekali dari investasi tanpa memperhitungkan rasio lainnya maupun kemampuan managemennya. Tapi dalam buku “Intelligent Investor” pada bagian surat Buffet dijelaskan bahwa jika hanya memperhatikan posisi undervalue salah satu temannya sudah bisa membuat keuntungan yang melebihi index saham gabungan NYSE.

Ada yang berminat buat investasi pada saham :D. Silakan kontak saya

ps: teori diatas merupakan gabungan teori investasi ala Buffett-Graham dan economical hitman hasil pemikiran karya sendiri. Teman dari Buffett tersebut hanya menggunakan rasio P2. Dikarenakan kita tau sekarang ada rasio lainnya diharapkan bisa lebih meminimalkan resiko yang ada

April 9, 2009

Hobi baru : Rubik Cube

Filed under: Berbagi Pikiran,Hobi — Bayu Tabusalla @ 12:15 pm
Tags: , , , ,

Ya yaya bagi yang gak tau rubiks cube tuh apa silakan liat gambar dibawah. Idealnya pada pertama kali dikenalkan merupakan cube dengan dimensi 3x3x3. Sejak pertama kali dikenalkan banyak orang yang tertarik untuk menyelesaikannya tapi permainan ini sedemikian menantangnya sampai professor pun belom tentu bisa menyelesaikannya. Yang menarik dari sini adalah permainan ini berkembang menjadi permainan yang lebih menarik lagi.

Sejak diperkenalkan pada saya waktu dulu ketika SD sama ibu saya permainan rubik 3x3x3 ini belom pernah bisa saya selesaikan hingga akhirnya sama memegang kembali beberapa bulan terakhir ini . Rekor saya mikir sendiri cuman bisa menyelesaikan satu sisi saja (2 kalau sedang hoki). Sekarang ini kalau ada sedikit waktu selain baca note facebook yang updatenya ntah brapa lama sekali saya baca buku dan mainan rubik. Jangan tanya TA saya giman karena mainan ini sedemikian menariknya untuk diselesaikan. Terimakasih dengan kecangihan teknologi saat ini saya dapat menyelesaikan rubiks cube ini

Hari ini saya sendiri memaikan rubik 5x5x5 dimana untuk menyelesaikannya bisa memekan waktu 15 menitan. Untuk tiap kali pengacakan terdapat beberbagai algorima bisa digunakan untuk menyelesaikannya. Saat ini saya cuman pakai salah satu algoritma saja untuk menyelesaikannya. Yang lebih menarik adalah walaupun prinsip yang digunakan sama untuk menyelesaikannya jika kita sedikit berani mencoba hal – hal baru maka terdapat area algoritma baru yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikannya.

Sayangnya bagi para penggemar senam otak macam seperti ini barang asli yang digunakan untuk bermain sangat mahal untuk ukuran kantong saya. Untuk rubiks cube paling kecil yaitu 2x2x2 paling tidak saya harus ngerogoh 80 rebu (pengen rasanya punya nich barang). Saat ini saya pegang rubiks cube 5x5x5 yang saya beli seharga 235 rebu. Perbedaan mendasar dari barang asli dan palsu adalah, yang asli bisa dicopot dan disambung ulang serta bisa diberi pelumas agar bisa bergerak lebih cepat.

sebagai informasi rubiks cube itu kalau dilihat sebenarnya bernama rubik’s cube (dengan huruf s dibelakang rubik). Saya sendiri berpikiran bahwa pencipta alat ini bernama tuan Rubik. Entah benar salahnya silakan goggle sendiri. Dan sekarang nama tersebut berubah menjadi merek. Terdapat 2 merek yang saya kenal yaitu rubik’s sebagai yang pertama memperkenalkan permainan ini dan Eastsheen dimana dia membuat alat permainan khusus bagi para cubikers yang menginginkan kecepatan dalam permainan mereka. Sayangnya Eastsheen hanya menciptakan 2x2x2, 4x4x4, dan 5x5x5.

setelah jadi bisa dibentuk sesuka hati ini saya sebut model batik :mrgreen:

TIPS Membeli rubik cube

Terlepas dari anda bisa atau tidaknya memaikan rubiks cube saya sarankan untuk membeli rubiks 2x2x2 dan 3x3x3 sajah. Bagi yang benar – benar pengen senam otak silakan beli dengan dimensi diatasnya. Alasan saya menginginkan 2x2x2 dan 3x3x3 adalah alasan untuk membuat kagum orang lain. Permasalahannya dalam membuat kagum adalah orang lain tersebut atau audiens harus berinteraksi dengan kita minimalnya adalah mereka berusaha menyelesaikan rubik tersebut.

Rubik dengan dimensi 2x2x2 ini sedikit mengecoh dikarenakan bentuknya yang kecil membuat orang lain menjadi tertipu oleh penampilannya. Menurut yang saya dapat setidaknya ada 100.000 kemungkinan dalam rubik sekecil ini dan hanya perlu 2 algorima untuk menyelesaiakannya. Menarik bukan jadi setelah menyelesaikan baru kita mengeluarkan 3x3x3 dan menyelesaikannya dengan kecepatan tinggi (itu juga kalau anda bisa).

Kalau masih belajar menyelesaikannya dibandingkan beli barang asli yang akhirnya menjadi pajangan dirumah anda lebih baik beli yang palsu . Ditoko mainan banyak kok dan bisa anda dapatkan dengan harga 5 – 7 rebu

ps: jangan tanya saya bagaimana menyelesaikannya karena saya juga bingung ngajarinnya mening tanya ama om sok tau


Next Page »